Tata Cara Dan Problematika Kliring Pada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara

Deviyana, Aulia (2018) Tata Cara Dan Problematika Kliring Pada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Aulia.pdf

Download (568kB) | Preview

Abstract

Problematika Kliring yang ada di Bank Indonesia yang dimana Dalam penyelenggaraan kliring dibutuhkan ketelitian, ketepatan, dan kecermatan agar proses transaksi dapat berjalan seefisien mungkin. Kliring juga harus dilakukan dengan tata cara serta prosedur yang benar. Namun tidak jarang dalam berjalannya proses penyelenggaraan kliring juga muncul berbagai problematika. Ada beberapa problematika atau masalah yang timbul dalam pelaksanaan kliring pada Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, seperti masalah dalam hal kesalahan atau kelalaian peserta pengirim, adanya pembatalan transaksi oleh penyelenggara, Error Enconding serta terjadinya gangguan pada sistem komputer. Hal ini tentu akan menghambat transaksi kliring sehingga dibutuhkan penyelesaian atas masalah-masalah tersebut . Bertujuan untuk Untuk mengetahui tata cara penyelenggaraan kliring pada Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Untuk mengetahui problematika yang muncul dalam penyelenggaraan Kliring pada Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara dalam menyelesaikan problematika Kliring. Untuk menjawab banyak persoalan tersebut penulis menggunakan pendekatan empiris yang mana data langsung diperoleh langsung dari narasumber lalu dikelolah dengan menggunakan penelitian secara kualitatif. Dimana hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa, Tata cara penyelenggaraan kliring pada Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara dimulai dari penginputan data kliring elektronik kliring penyerahan yang meliputi Kegiatan ditempat peserta, Kegiatan di tempat Penyelenggara serta Kegiatan di kantor Peserta setelah menerima Warkat dan laporan hasil proses Kliring dari penyelenggara. Problematika yang muncul pada penyelenggara transaksi kliring pada Bank yaitu, DKE diterima Penyelenggara sedangkan Warkat tidak diterima Penyelenggara (missing item), DKE tidak diterima Penyelenggara sedangkan Warkat diterima Penyelenggara (unlisted item), Terdapat kesalahan pada MICR code line (error encoding). Dan Meskipun mengalami problematika dalam proses kliring, namun Bank Indonesia selalu berupaya untuk menyelesaikan masalah tersebut, permasalahan kliring di Bank Indonesia sudah terselesaikan dan dijelaskan di dalam surat edaran No. 4/15/DASP perihal penyelenggaraan kliring lokal secara elektronik.

Jenis Item: Skripsi (Diploma)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah D3 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 27 Sep 2018 08:56
Last Modified: 24 Jun 2019 07:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4326

Actions (login required)

View Item View Item