Pengaruh pendekatan “resource based learning” terhadap hasil belajar matematika siswa kelas xi man 3 Medan t.p 2016/2017

F, Muhammad Bagas (2018) Pengaruh pendekatan “resource based learning” terhadap hasil belajar matematika siswa kelas xi man 3 Medan t.p 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI JADI.pdf - Submitted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa di kelas XI IPA MAN 3 Medan. Hal ini terlihat dari hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti, dikarenakan kurangnya sumber belajar yang digunakan oleh guru. Sehingga diperlukan usaha dan strategi guru dalam menggunakan metode pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika di kelas XI IPA MAN 3 Medan dengan menerapkan pendekatan resource based learning. Penelitian ini menggunakan 2 tes yaitu pretest dan posttest. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah perkelas 40 orang. Setelah memberikan pretest pada kelas eksperimen dan kontrol maka diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 33,125 dan nilai rata-rata kelas kontrol 38,275. Sedangkan setelah dilakukan penerapan strategi resource based learning diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 81,425 dan kelas kontrol sebesar 43,9. Dari hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan resource based learning terhadap hasil belajar matematika siswa dan merekomendasikan para pelaksana pembelajaran untuk mengajarkan materi dengan mengembangkan strategi pembelajaran resource based learning.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 15 Sep 2018 08:04
Last Modified: 15 Sep 2018 08:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4266

Actions (login required)

View Item View Item