Upaya Guru BK Dalam Meningkatkan Konsep Diri Positif Siswa (Studi pada MTs Al-Washliyah Tembung)

Misri, Laily (2018) Upaya Guru BK Dalam Meningkatkan Konsep Diri Positif Siswa (Studi pada MTs Al-Washliyah Tembung). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Lengkap.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Konsep diri positif merupakan salah satu bagian terpenting dalam menjalani proses perjalanan kehidupan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan kondisi konsep diri positif siswa MTs Al-Washliyah Tembung. 2) Mendeskripsikan upaya yang telah dilakukan oleh Guru BK untuk meningkatkan konsep diri positif siswa MTs Al-Washliyah Tembung. 3) Menggambarkan faktor pendukung dan penghambat yang dialami Guru BK untuk meningkatkan konsep diri positif siswa MTs Al-Washliyah Tembung. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Penarikan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan snowball sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1) kondisi konsep diri positif siswa MTs Al-Washliyah Tembung berada pada kategori baik. 2) konsep diri positif siswa MTs Al-Washliyah Tembung selalu ditingkatkan dengan cara memberikan layanan konseling kepada para siswa. 3) Faktor pendukung adalah berperan aktif seluruh personil sekolah untuk bekerjasama dalam meningkatkan konsep diri positif siswa MTs Al-Washliyah Tembung dan faktor penghambatnya adalah kurangnya perhatian orang tua dan lingkungan kepada siswa-siswa MTs Al-Washliyah Tembung

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 15 Sep 2018 08:04
Last Modified: 26 Jun 2019 00:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4258

Actions (login required)

View Item View Item