Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Self Management Dalam Belajar Siswa Kelas X SMA Istiqlal Delitua

Arianto, Dina Putri (2018) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Self Management Dalam Belajar Siswa Kelas X SMA Istiqlal Delitua. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah self management dalam belajar siswa yang rendah, hal ini dapat berdampak pada siswa tidak bisa dengan bijak mengelola sikap dan perilakunya terutama dalam memanfaatkan waktu secara optimal dalam belajar Oleh karena itu, untuk meningkatkan self management dalam belajar siswa diperlukan suatu layanan bimbingan dan konseling yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap self management dalam belajar siswa di SMA Istiqlal Delitua. Metode penelitian ini adalah eksperimental-kuasi dengan desain penelitian yaitu Two group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA yang berjumlah 58 siswa, dan dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen 29 siswa dan kelompok kontrol 29 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang sudah dikoreksi oleh validitator. Uji validitas instumen menggunakan validitas konstruk, sedangkan uji reliabilitas instrument menggunakan teknik cronbach alpha dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,914. Analisis data menggunakan uji aplikasi SPSS versi 20.00 dengan analisis uji t independent. Berdasarkan hasil perhitungan yang diperoleh thitung sebesar 2,441 pada derajat kebebasan (df) 56, kemudian dibandingkan dengan ttabel 0,05 adalah 1,67252, maka thitung > ttabel, 2,441 > 1,67252, dengan nilai sign 2 tailed < dari nilai kritik 0,005, yaitu 0,001 < 0,005. Maka dapat diambil keputusan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima atau dapat dikatakan layanan bimbingan kelompok dapat berpengaruh terhadap self management dalam belajar siswa di SMA Istiqlal Delitua

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 07 Sep 2018 08:46
Last Modified: 25 Jun 2019 16:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4237

Actions (login required)

View Item View Item