Upaya Meningkatkan Sikap Penyesuaian Diri Korban Bullying Melalui Layanan Bimbingan KelompokDi Kelas XI Mia-5 MAN 3 Medan

Syariah, Leni (2018) Upaya Meningkatkan Sikap Penyesuaian Diri Korban Bullying Melalui Layanan Bimbingan KelompokDi Kelas XI Mia-5 MAN 3 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENI SYARIAH (33141020) FITK PRODI BKI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap penyesuaian diri korban bullying di kelas XI MIA-5 MAN 3 Medan, hal ini dikarenakan adanya korban bullying dengan ditandai rendahnya sikap penyesuian diri korban bullying di kelas XI MIA-5 sehingga diperlukannya layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan sikap penyesuaian diri korban bullying. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah apakah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan sikap penyesuaian diri korban bullying di kelas XI MIA-5 MAN 3 Medan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil layanan bimbingan kelompok yang dilakukan dalam meningkatkan sikap penyesuaian diri korban bullying di kelas XI MIA-5 MAN 3 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK) dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yang dilakukan oleh peneliti dengan mempertimbangkan latar belakang masalah yang terjadi. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA-5 MAN 3 Medan yang berjumlah 10 siswa dengan variabel layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan sikap penyesuaian diri korban bullying. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dengan daftar check list dan wawancara. Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok yang dilakukan untuk meningkatkan sikap penyesuaian diri korban bullying melalui layanan bimbingan kelompok di kelas XI MIA-5 MAN 3 Medan mengalami peningkatan dari tiap – tiap tindakan yang dilakukan. Pada Pra-siklus, kondisi awal pada siswa menunjukkan rendahnya sikap penyesuaian diri dengan persentase 40% dengan kategori “Kurang” dan mengalami peningkatan hanya 10% pada siklus I yakni 50% masih dalam kategori “Kurang”. Hal tersebut terjadi karena adanya hambatan saat melakukan tindakan pada siklus I dengan dua kali pertemuan. Pada siklus II dengan dilakukan dua kali pertemuan memberikan layanan BKP mengalami peningkatan sebesar 40% dan mampu mencapai persentase 90%.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 06 Sep 2018 08:33
Last Modified: 26 Jun 2019 02:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4196

Actions (login required)

View Item View Item