Upaya Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Melalui Metode Demonstrasi Pada Kelompok B Di Tk Putri Listio Desa Dalu Sepuluh-A Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2017/2018

Azis, Muhammad (2018) Upaya Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Melalui Metode Demonstrasi Pada Kelompok B Di Tk Putri Listio Desa Dalu Sepuluh-A Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan.

[img]
Preview
Text
Muhammad Azis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya meningkatkan kecerdasan interpersonal anak melalui metode demonstrasi pada kelompok B di TK Putri Listio Desa Dalu Sepuluh-A kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2017/2018 dengan berbagai masalah dan cara penyelesaiannya. Metode demonstrasi dipilih karena dapat mendorong anak untuk meningkatkan sikap patuh terhadap peraturan dan tata tertib sekolah serta dapat bertanggung jawab atas tugas yang diberikan oleh guru. Subjek pada penelitian ini adalah 13 anak kelompok B TK PUTRI LISTIO Tanjung Morawa yang terdiri dari 8 anak laki-laki 5 anak perempuan. Sedangkan Objek pada penelitian ini yaitu kecerdasan interpersonal anak yang meliputi enam indikator yaitu menyesuaikan diri, empati, kepemimpinan, kooperatif/bekerjasama, toleransi, dan kecakapan bahasa. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila perhitungan persentase menunjukkan 75% anak mengalami peningkatan kecerdasan interpersonal melalui metode demonstrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal anak meningkat setelah adanya tindakan melalui metode demonstrasi. Pada saat dilakukan observasi pratindakan, persentase kecerdasan interpersonal sebesar 23.1%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 61.5% dan pada pelaksanaan siklus II juga mengalami peningkatan 76.9% pada pelaksanaannya mengalami peningkatan yang sangat baik yaitu 76.9 %. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat digunakan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak, sehingga hipotesis penelitian yang menyatakan “ Upaya Meningkatkan kecerdasan interpersonal anak melalui metode demonstrasi pada kelompok B di TK Putri Listio Desa Dalu Sepuluh-A kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2017/2018” diterima

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 06 Sep 2018 08:32
Last Modified: 30 Jul 2019 05:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4193

Actions (login required)

View Item View Item