Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Optimisme Keberhasilan Belajar Siswa Di MTs Istiqlal Delitua

Dawama, Fatin (2018) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Optimisme Keberhasilan Belajar Siswa Di MTs Istiqlal Delitua. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FATIN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah optimisme keberhasilan belajar siswa yang rendah, hal ini dapat berdampak pada keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar siswa dikelas. Oleh karena itu, untuk meningkatkan optimisme diri siswa dalam mencapai keberhasilan belajar diperlukan suatu layanan bimbingan dan konseling yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap optimisme keberhasilan belajar siswa MTs Istiqlal Delitua. Metode penelitian ini adalah eksperimental-kuasi dengan desain penelitian yaitu nonequvalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs yang berjumlah 46 siswa, dan dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen 23 siswa dan kelompok kontrol 23 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang sudah dikoreksi oleh validitator. Uji validitas instumen menggunakan validitas konstruk, sedangkan uji reliabilitas instrument menggunakan teknik cronbach alpha dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,914. Analisis data menggunakan uji aplikasi SPSS versi 20.00 dengan analisis uji t independent. Berdasarkan hasil perhitungan yang diperoleh thitung sebesar 3,688 pada derajat kebebasan (df) 44, kemudian dibandingkan dengan ttabel 0,05 adalah 2,01537, maka thitung > ttabel, 3,688 > 2,01537, dengan nilai sign 2 tailed < dari nilai kritik 0,05, yaitu 0,001 < 0,05. Maka dapat diambil keputusan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima atau dapat dikatakan layanan bimbingan kelompok dapat berpengaruh terhadap optimisme keberhasilan belajar siswa di MTs Istiqlal Delitua.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 01 Sep 2018 08:47
Last Modified: 25 Jun 2019 16:20
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4151

Actions (login required)

View Item View Item