Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Kemampuan Pengembangan Bahan Ajar Terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadis Siswa Mtsn Seunuddon Kabupaten Aceh Utara Provinsi Aceh

Muhsin, Muhsin (2015) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Kemampuan Pengembangan Bahan Ajar Terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadis Siswa Mtsn Seunuddon Kabupaten Aceh Utara Provinsi Aceh. Masters thesis, Pascasarjana UIN-SU.

[img]
Preview
Text
Cover .pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (918kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

Kompetensi pedagogik dan kemampuan pengembangan bahan ajar merupakan hal yang harus dimiliki oleh setiap guru agar dapat tercapai tujuan pendidikan. Secara khusus kompetensi pedagogik dan kemampuan pengembangan bahan ajar sesuai dengan perkembangan masa sekarang akan memberikan pengaruh terhadap hasil belajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kompetensi pedagogik guru, kemampuan pengembangan bahan ajar, tingkat hasil belajar Al-Qur’an Hadis, pengaruh kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadis, pengaruh kemampuan pengembangan bahan ajar terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadis dan pengaruh kompetensi pedagogik dan kemampuan pengembangan bahan ajar terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadis secara bersama-sama pada siswa MTsN Seunuddon Kabupaten Aceh Utara Provinsi Aceh. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif karena menggambarkan secara faktual, obyektif mengenai pengaruh kompetensi pedagogik dan kemampuan pengembangan bahan ajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini bersifat kajian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di MTsN Seunuddon Kabupaten Aceh Utara Provinsi Aceh dengan jumlah sampel sebanyak 52 orang siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, angket dan soal tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi sederhana, korelasi ganda, korelasi parsial dan regresi linier dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kompetensi pedagogik guru Al-Quran Hadis berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dimana hasil pengujian regresi linier sederhana menunjukkan nilai P value Sig adalah 0,00 artinya, karena nilai P value Sig. kurang dari 0,05, pengaruh X1 terhadap Y yaitu 22,4 %. 2) Kemampuan guru dalam mengembangkan bahan ajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dimana hasil pengujian regresi sederhana diperoleh nilai P value Sig adalah 0,014 artinya, karena nilai P value Sig. kurang dari 0,05, pengaruh X2 terhadap Y adalah sebesar 11,4%. 3) Kompetensi pedagogik dan kemampuan guru pengembangan bahan ajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa, dimana hasil pengujian regresi linier berganda diperoleh F hitung= 6,442 dengan tingkat pengaruhnya 0,014 < 0,05, maka menunjukkan adanya pengaruh kompetensi pedagogik guru (X1) dan kemampuan pengembangan bahan ajar (X2) secara simultan (bersama-sama) terhadap hasil belajar (Y), yaitu sebesar 33,8%

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Thesis Master
Depositing User: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 26 Mar 2016 04:23
Last Modified: 26 Mar 2016 04:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/408

Actions (login required)

View Item View Item