Muhsin, Muhsin (2015) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Kemampuan Pengembangan Bahan Ajar Terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadis Siswa Mtsn Seunuddon Kabupaten Aceh Utara Provinsi Aceh. Masters thesis, Pascasarjana UIN-SU.
|
Text
Cover .pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (449kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (918kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) | Preview |
Abstract
Kompetensi pedagogik dan kemampuan pengembangan bahan ajar merupakan hal yang harus dimiliki oleh setiap guru agar dapat tercapai tujuan pendidikan. Secara khusus kompetensi pedagogik dan kemampuan pengembangan bahan ajar sesuai dengan perkembangan masa sekarang akan memberikan pengaruh terhadap hasil belajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kompetensi pedagogik guru, kemampuan pengembangan bahan ajar, tingkat hasil belajar Al-Qur’an Hadis, pengaruh kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadis, pengaruh kemampuan pengembangan bahan ajar terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadis dan pengaruh kompetensi pedagogik dan kemampuan pengembangan bahan ajar terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadis secara bersama-sama pada siswa MTsN Seunuddon Kabupaten Aceh Utara Provinsi Aceh. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif karena menggambarkan secara faktual, obyektif mengenai pengaruh kompetensi pedagogik dan kemampuan pengembangan bahan ajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini bersifat kajian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di MTsN Seunuddon Kabupaten Aceh Utara Provinsi Aceh dengan jumlah sampel sebanyak 52 orang siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, angket dan soal tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi sederhana, korelasi ganda, korelasi parsial dan regresi linier dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kompetensi pedagogik guru Al-Quran Hadis berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dimana hasil pengujian regresi linier sederhana menunjukkan nilai P value Sig adalah 0,00 artinya, karena nilai P value Sig. kurang dari 0,05, pengaruh X1 terhadap Y yaitu 22,4 %. 2) Kemampuan guru dalam mengembangkan bahan ajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dimana hasil pengujian regresi sederhana diperoleh nilai P value Sig adalah 0,014 artinya, karena nilai P value Sig. kurang dari 0,05, pengaruh X2 terhadap Y adalah sebesar 11,4%. 3) Kompetensi pedagogik dan kemampuan guru pengembangan bahan ajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa, dimana hasil pengujian regresi linier berganda diperoleh F hitung= 6,442 dengan tingkat pengaruhnya 0,014 < 0,05, maka menunjukkan adanya pengaruh kompetensi pedagogik guru (X1) dan kemampuan pengembangan bahan ajar (X2) secara simultan (bersama-sama) terhadap hasil belajar (Y), yaitu sebesar 33,8%
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master |
Pengguna yang mendeposit: | Mr. Imran Benawi |
Date Deposited: | 26 Mar 2016 04:23 |
Last Modified: | 26 Mar 2016 04:27 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/408 |
Actions (login required)
View Item |