Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Penalaran Moral Siswa Di SMK Bm Apipsu Medan

Darusti, Fauzal (2018) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Penalaran Moral Siswa Di SMK Bm Apipsu Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap penalaran moral siswa di SMK BM-APIPSU Medan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode regresi linier sederhana. Analisis yang digunakan oleh peneliti untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Teknik analisis ini dipilih peneliti karena selain untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok (X) terhadap penalaran moral siswa (Y), juga untuk mengetahui seberapa besar pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap penalaran moral siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok (X), sedangkan yang menjadi variabel terikatnya yaitu penalaran moral siswa (Y) kelas XI SMK BM-APIPSU Medan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa variabel (X) layanan bimbingan kelompok berpengaruh signifikan terhadap variabel (Y) Penalaran Moral pada siswa SMK BM APIPSU Medan. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil analisis korelasi product moment sebesar 0,456 dibandingkan dengan rtabel, maka dapat ditarik bahwa hipotesis nil (Ho) ditolak dan (Ha) diterima. Dengan koefisien determinasi sebesar 20,8% (dibulatkan menjadi 21%) maka berpengaruh positif. Dari hasil analisis uji t diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan antara layanan bimbingan kelompok terhadap penalaran moral siswa. Hal ini dibuktikan dengan taraf signifikansi 5% (sig < 0,05) yang berarti bahwa Ha diterima. Konstanta sebesar 21,861, artinya jika layanan bimbingan kelompok (X) nilainya adalah 0, maka penalaran moral (Y) nilainya negatif yaitu sebesar 21,861. Artinya jika layanan bimbingan kelompok mengalami peningkatan 1, maka penalaran moral akan mengalami pengikatan sebesar 0,282. Koefisien bersifat positif artinya terjadi hubungan positif antara variabel layanan bimbingan kelompok (X) dan penalaran moral (Y), semakin naik layanan bimbingan kelompok semakin meningkat penalaran moral.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 29 Aug 2018 05:57
Last Modified: 25 Jun 2019 16:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4041

Actions (login required)

View Item View Item