Upaya meningkatkan penguasaan konsep bentuk geometri dengan metode pembelajaran demonstrasi di Ra Al-Kamal kec. Percut Sei Tuan Lau Dendang tahun ajaran 2017/2018

Mayangsari, Deva (2018) Upaya meningkatkan penguasaan konsep bentuk geometri dengan metode pembelajaran demonstrasi di Ra Al-Kamal kec. Percut Sei Tuan Lau Dendang tahun ajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DEVA MAYANGSARI NIM. 38144024.pdf - Submitted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui penguasaan konsep bentuk geometri anakdi RA AL-KAMAL Kec. Percut Sei Tuan Lau Dendang Tahun Ajaran 2017/2018 sebelum menggunakan metode pembelajarandemonstrasi. (2) Mengetahui dan menganalisa pelaksanaan metode pembelajaran demonstrasi dalam meningkatkan penguasaan konsep bentuk geometri anak di RA AL-KAMAL Kec. Percut Sei Tuan Lau Dendang Tahun Ajaran 2017/2018.Respon anak setelah menggunakan metode demonstrasi di RA Al-Kamal Kec Percut Sei Tuan Lau Dendang Tahun Ajaran 2017/2018. (3) Mengetahui penguasaan konsep bentuk geometri di RA AL-KAMAL Kec. Percut Sei Tuan Lau Dendang Tahun Ajaran 2017/2018 sesudah menggunakan metode pembelajaran demonstrasi. Penelitian tindakan kelas adalah dilakukan melalui 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan,pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedangkan untuk mengetahui kemampuan, peneliti menggunakan lembar observasi untuk melihat tingkat keberhasilannya. Pada siklus I dilakukan 2 kali pertemuan, pada pertemuan pertama terdapat 16 orang anak yang tergolong kriteria mulai berkembang (100%), sedangkan pada pertemuan kedua terdapat 4 orang anak yang tergolong kriteria mulai berkembang (25%) dan 12 orang anak yang tergolong kriteria berkembang sesuai harapan (75%) dengan nilai rata-rata 8,93% maka masih perlu dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II dilakukan juga sama halnya dengan siklus I dengan 2 kali pertemuan, pada siklus II pertemuan pertama dari 16 orang anak, 2 orang anak yang tergolong kriteria mulai berkembang (12,5%), 4 orang anak yang tergolong kriteria berkembang sesuai harapan (25%), dan 10 orang anak yang tergolong kriteria berkembang sangat baik(62,5%), sedangkan pada pertemuan kedua sudah tidak ada lagi pada kriteria belum berkembang maupun mulai berkembang, maka hasilnya terdapat 4 orang anak yang tergolong kriteria berkembang sesuai harapan (25%) dan 12 orang anak yang tergolong kriteria berkembang sangat baik (75%) dengan nilai rata-rata 10,62%.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 28 Aug 2018 07:03
Last Modified: 30 Jul 2019 05:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4020

Actions (login required)

View Item View Item