Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap perilaku stereotype siswa di madrasah aliyah negeri 3 Medan

Wahyuni, Sela (2018) Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap perilaku stereotype siswa di madrasah aliyah negeri 3 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Sela Wahyuni Skripsi.pdf - Submitted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Layanan bimbingan kelompok adalah layanan yang membantu peserta didik dalam pengembangan pribadi, kemampuan hubungan social, kegiatan belajar, karier dan pengambilan keputusan serta melakukan kegiatan tertentu melalui dinamika kelompok. Dengan pemberian layanan bimbingan kelompok yang maksimal dan seoptimal mungkin kepada siswa-siswi terhadap konsep diri mereka agar berjalan sesuai yang diharapkan bahwasanya siswa-siswi dapat menanamkan konsep diri positif dalam dirinya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok terhadap perilaku stereotype siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 3 Medan. dimana populasi yang dijadikan obyek penelitian tersebut tersebut adalah kelas XI yang berjumlah 318 siswa peneliti mengambil sampel sebanyak 13% jadi jumlah sampel yang diperoleh adalah 41 siswa. Alat pengumpulan data adalah angket. Adapun jumlah item angket perilaku stereotype siswa adalah 22 item. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pre-Test Post-Test Desaign. Penelitian menggunakan uji asumsi normalitas sebaran data, uji homogenitas dan hasil analisis uji-t. Setelah dilakukan penelitian diperoleh hasil bahwa bimbingan kelompok memberi pengaruh terhadap perilaku stereotype siswa, terlihat berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh nilai signifikan.p < taraf signifikan 0,005 yaitu 15.056 < 0,005, dengan taraf signifikan 95%, sehingga Ha diterima yang berarti ada pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap perilaku stereotype pre-test sebesar 64,00 dan post-test sebesar 79,90. Berarti terjadi penurunan pada perilaku stereotype siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok yaitu dengan selisih 15,900.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 21 Aug 2018 06:52
Last Modified: 26 Jun 2019 02:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3989

Actions (login required)

View Item View Item