Hasanah, Anggini (2018) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi himpunan pada siswa kelas vii smp swasta Al-Washliyah 8 Medan tahun ajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
ANGGINI HASANAH (NIM. 35144044).pdf - Submitted Version Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi Himpunan berdasarkan Prosedur Newman di kelas VII SMP Swasta Al-Washliyah 8 Medan, (2) penyebab terjadinya kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi Himpunan berdasarkan Prosedur Newman di kelas VII SMP Swasta Al-Washliyah 8 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta Al-Washliyah 8 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Pemilihan subjek penelitian yaitu dengan cara diambil 6 dari 34 peserta didik kelas VII-1, masing-masing terdiri dari 2 kelompok atas, sedang dan bawah. pengelompokkan didasarkan perangkingan hasil tes peserta didik. Kemudian dipilih 2 peserta didik dengan jumlah benar terendah pada masing-masing kelompok. Prosedur Pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan metode tes dan wawancara. Setiap subjek penelitian diwawancarai terkait hasil pekerjaannya pada soal cerita materi Himpunan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data pada peneltian ini dilakukan dengan Teknik Triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan siswa melakukan kesalahan pada jenis Kesalahan Memahami Masalah (Comprehension Error), Kesalahan Tansformasi Masalah (Transformation Error), dan Kesalahan Keterammpilan Proses (Process Skill Error). Kesalahan tersebut dapat dilihat dari persentase berikut: Kesalahan Memahami Masalah (Comprehension Error), terjadi sebanyak 14,71%, Kesalahan Transformasi Masalah (Transformation Error), terjadi sebanyak 43,38% (kesalahan ini merupakan kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa), dan Kesalahan Keterampilan Proses (Process Skill Error) terjadi sebanyak 1,47%. Penyebab dari kesalahan tersebut ialah tidak dapat mengubahnya kedalam simbol himpunan, tidak terbiasa menuliskan yang ditanya., tidak dapat merencanakan solusi untuk mengerjakan soal, salah dalam menentukan rumus yang tepat untuk soal yang diberikan, tidak menyadari melakukan kesalahan pada operasi hitung yang dilakukan, serta tidak bisa melakukan operasi hitung dengan benar.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Pengguna yang mendeposit: | Mr Fauzi Ep |
Date Deposited: | 16 Aug 2018 03:46 |
Last Modified: | 16 Aug 2018 03:46 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3979 |
Actions (login required)
View Item |