Perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (tps) dan tipe two stay-two stray (tsts) di kelas viii mts swasta Muhammadiyah 13 Tanjung Morawa tahun ajaran 2017/2018

Ramiana, Siti (2018) Perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (tps) dan tipe two stay-two stray (tsts) di kelas viii mts swasta Muhammadiyah 13 Tanjung Morawa tahun ajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Siti Ramiana.Pdf.pdf - Submitted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di kelas VIII MTs Muhammadiyah 13 Tanjung Morawa T.A. 2017/2018, 2) hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray (TSTS) di kelas VIII MTs Muhammadiyah 13 Tanjung Morawa T.A. 2017/2018, 3) hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray (TSTS) di kelas VIII MTs Muhammadiyah 13 Tanjung Morawa T.A. 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian kuantiatif dengan jenis penelitian eksperimen yang dilakukan di MTs Muhammadiyah 13 Tanjung Morawa di Kelas VIII. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 13 Tanjung Morawa. Sedangkan yang dijadikan sampel dari kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen I (TPS) dan dari kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen II (TSTS) dengan masing-masing jumlah sampel 36 siswa dalam tiap kelas. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda berupa pre test dan post test yang telah valid dari perhitungan validitas dengan reabilitas soal yaitu 0,815 dengan jumlah soal yang valid 20 soal dari 30 soal yang diujicobakan. Dalam penelitian ini, uji normalitas pada data pre test pada kelas eksperimen I (TPS) diperoleh Lhitung (0,133) < Ltabel (0,148) dan data pre test kelas eksperimen II (TSTS) diperoleh Lhitung (0,078) < Ltabel (0,148). Sedangkan uji normalitas pada data post test pada kelas eksperimen I (TPS) diperoleh Lhitung (0,109) < Ltabel (0,148) dan data post test kelas eksperimen II (TSTS) diperoleh Lhitung (0,088) < Ltabel (0,148), yang berarti data pre test dan post test pada sampel penelitian memiliki sebaran data yang berdistribusi normal. Pada uji homogenitas data pre test diperoleh Fhitung (1,098) < Ftabel (1,757) dan data post test diperoleh Fhitung (1,055) < Ftabel (1,757), yang berarti data pre test dan post test pada sampel yang digunakan dalam penelitian berasal dari populasi yang homogen. Dari hasil perhitungan uji t pada taraf α = 0,05 diperoleh thitung (1,678) > ttabel (1,667), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka, simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray (TSTS) di kelas VIII MTs Muhammadiyah 13 Tanjung Morawa T.A. 2017/2018.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 16 Aug 2018 03:46
Last Modified: 16 Aug 2018 03:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3975

Actions (login required)

View Item View Item