Strategi pemasaran kredit pemilikan rumah (KPR) pada PT. Bank Muamalat Indonesia, TBK. Cabang Medan Sudirman

Astuti, Ira (2018) Strategi pemasaran kredit pemilikan rumah (KPR) pada PT. Bank Muamalat Indonesia, TBK. Cabang Medan Sudirman. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Ira.pdf - Submitted Version

Download (953kB) | Preview

Abstract

Ditengah pesatnya perkembangan perbankan syariah dewasa ini Bank Muamalat Indonesia yang juga merupakan bank syariah pertama di Indonesia yang bergerak di bidang pembiayaan dan jasa-jasa bank dalam lalu lintas perkembangan sekaligus menjawab tantangan investasi yang jauh dari masalah riba saat ini telah mampu berkompetisi dengan terus meningkatkan produknya. Semakin majunya kehidupan manusia maka semakin banyak dan bermacam-macamnya kebutuhan manusia terhadap produk-produk dan jasa-jasa bank. Oleh sebab itu Bank Muamalat Indonesia sebagai bank syariah pertama di Indonesia berbagai inovasi produk dan jasa perbankan, salah satunya produk KPR.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tidak tercapainya target penyaluran KPR, dan bagaimana strategi pemasaran produk KPR pada PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Medan Sudirman. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif melalui wawancara, dokumentasi, Field Research (penelitian lapangan) dan Library Research (penelitian perpustakaan), sehingga dapat memberikan informasi yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, maka dihasilkan temuan penelitian yang menunjukkan bahwa menurunnya jumlah debitur di pengaruhi oleh berbagai faktor yang berasal dari lingkungan internal dan lingkungan eksternal. Adapun strategi pemasaran yang di lakukan Bank Muamalat Indonesia adalah dengan menerapkan konsep produksi, produk, penjualan, pemasaran, pemasaran kemasyarakatan, serta dengan menerapkan empat unsur yang terdapat pada bauran pemasaran atau Marketing Mix yakni strategi produk, strategi harga, strategi distribusi, dan strategi promosi dengan berbagai macam cara seperti melakukan inovasi gabungan antara KPR dan tabungan yang memberikan peluang bagi nasabah untuk mendapatkan cicilan relatif ringan, membuat brosur, bekerja sama dengan developer-developer dan mengikuti berbagai macam event tertentu perkantoran, mall dan sebagainya, mengikuti acara kemasyarakatan di tiap waktu dan berbagai tempat dan melakukan pendekatan dengan nasabah-nasabah yang potensial atau menengah keatas. Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, KPR, Bank Muamalat Indonesia.

Jenis Item: Skripsi (Diploma)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah D3 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 16 Aug 2018 03:45
Last Modified: 24 Jun 2019 07:32
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3969

Actions (login required)

View Item View Item