آراء البصريين والكوفيين عن الإضافة في شرح ابن عقيل لألفية ابن مالك البحث

Hafisuddin, Mr (2018) آراء البصريين والكوفيين عن الإضافة في شرح ابن عقيل لألفية ابن مالك البحث. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
آراء البصريين والكوفيين عن الإضافة في شرح ابن عقيل لألفية اب.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu karakteristik bahasa adalah bersistem. Ulama Bashrah dan dan ulama Kufah merupakan dua madzhab ulama nahwu yang paling mashur sampai saat sekarang ini. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan analisis terhadap pendapat ulama Bashrah dan ulama Kufah dengan melakukan : 1) Apa pendapat ulama Bashrah tentang idhafah didalam kitab syarah Ibn Aqil?. 2) Apa pendapat ulama Kufah tentang idhafah didalam kitab syarah Ibn Aqil?. 3) Menjelaskan bagaimana pendapat ulama Bashrah dan ulama Kufah didalam kitab syarah Ibn Aqil?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapat ulama Bashrah dan ulama Kufah tentang idhafah didalam kitab syarah Ibn Aqil dan untuk mengetahui bagaimanakah pendapat kedua ulama tersebut. Penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriftif, dari objek jenis penelitian ini adalah library research dan content analysis. Pendapat ulama Bashrah dalam kitab Ibn Aqil tersebut terdapat 8 pendapat sedangkan pendapat ulama Kufah terdapat 4 pendapat mengenai masalah hukum idhafah. Hasil penelitian ini adalah: pendapat ulama bashrah dan ulama kufah yang didapat dalam kitab syarah ibn aqil diantaranya. Pemahaman tentang lafaz لبيك , hukum mudhaf, penggunaan kalimat أذا , Penggunaan kalimat لدن , Pengggunaan kalimat مع , membuang mudhaf, mudhaf kepada jumlah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 14 Aug 2018 02:14
Last Modified: 12 Jul 2019 05:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3937

Actions (login required)

View Item View Item