Perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran project based learning (pjbl) dan konvensional pada pokok bahasan lingkaran kelas viii smp n 3 Tanjung Morawa tahun ajaran 2017-2018

Pulungan, Khairun Nisa (2018) Perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran project based learning (pjbl) dan konvensional pada pokok bahasan lingkaran kelas viii smp n 3 Tanjung Morawa tahun ajaran 2017-2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
BAB 1-5 PDF REAL.pdf - Submitted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Project Based Learning dan Konvensional di kelas VIII SMP N 3 Tanjung Morawa tahun ajaran 2017/2018 Populasi dalam Penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 3 Tanjung Morawa yang berjumlah 247 siswa dan sampelnya adalah kelas VIII-1 dan kelas VIII-2 yang berjumlah 68 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus statistika uji t. Hasil Temuan ini menunjukkan : 1) Hasil belajar siswa yang sudah diberikan perlakuan Project Based Learning meningkat dari sebelumnya. 2) Nilai rata-rata siswa yang diperoleh lebih baik yakni mencapai 79,47 dari nilai sebelum mendapat perlakuan Project Based Learning yaitu 61,35. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Project Based Learning dan Konvensional di kelas VIII SMP N 3 Tanjung Morawa T.A 2017/2018. Yakni penggunaan model pembelajaran Project Based Learning lebih meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan model Konvensional. Penelitian ini memberikan kesimpulan: Baik buruknya hasil belajar siswa dalam Matematika pada pokok bahasan Lingkaran tergantung pada baik buruknya pelaksanaan prosedur model pembelajaran Project based Learning (PjBL) yang diaplikasikan oleh guru.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 14 Aug 2018 02:14
Last Modified: 14 Aug 2018 02:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3936

Actions (login required)

View Item View Item