Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi inquiry pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dengan materi pengaruh lingkungan di kelas iv sd it al-hidayah kecamatan Medan Tembung tahun ajaran 2017/2018

Hasibuan, Hanura Agustina (2018) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi inquiry pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dengan materi pengaruh lingkungan di kelas iv sd it al-hidayah kecamatan Medan Tembung tahun ajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Hanura agustina hasibuan.pdf - Submitted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Untuk mengetahui hasil belajar IPA pada materi Perubahan Lingkungan sebelum menerapkan strategi pembelajaran guide inquiry di kelas IV SD IT AL HIDAYAH Kecamatan Medan Tembung. 2). Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA pada materi Perubahan Lingkungan dengan penerapan strategi pembelajaran guide inquiry di kelas IV SD IT AL HIDAYAH Kecamatan Medan Tembung. 3). Untuk mengetahui hasil belajar IPA pada materi Perubahan Lingkungan setelah menerapkan strategi pembelajaran guide inquiry di kelas IV SD IT AL HIDAYAH Kecamatan Medan Tembung. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-4 SD IT AL-HIDAYAH Kecamatan Medan Tembung yang terdiri dari 23 siswa, 16 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil sebelum menerapkan strategi pembelajaran inquiry di peroleh nilai rata-rata 46,95 artinya bahwa jumlah siswa yang tuntas belajar hanya 2 siswa yang tingkat persentasenya 8, 70% saja. Hasil belajar pada siklus I dengan nilai rata-rata 70,43 yang artinya adalah 10 orang siswa dinyatakan tuntas dengan tingkat persentase ketuntasan klasikal 43,47%, sedangkan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 82,17 berarti ada 20 orang yang tuntas dari 23 siswa dengan tingkat persentasenya 86,95% dan 3 siswa yang tingkat persentasenya 13,04% saja. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaaan strategi pembelajaran inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan materi perubahan lingkungan di kelas IV SD IT AL-HIDAYAH Kecamatan Medan Tembung.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 28 Jul 2018 08:35
Last Modified: 19 Jul 2019 03:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3817

Actions (login required)

View Item View Item