Hasibuan, Juhairina (2018) Hubungan kepala sekolah sebagai administrator dengan kinerja guru di smp negeri 2 Tanjung Pura. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI Juhairina Hasibuan.pdf - Submitted Version Download (847kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kepala sekolah sebagai administrator di SMP Negeri Tanjung Pura, (2) mengetahui kinerja guru di SMP Negeri Tanjung Pura. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif kolerasional, dengan populasi seluruh guru SMP Negeri Tanjung Pura sebanyak 37 orang. Penarikan sampel berdasarkan sampel total, karena jumlah populasinya kurang dari 100 orang yaitu sebanyak 37 orang, sehingga semua sampel digunakan. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala Likert yang telah di uji validasi dan reabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan, Berdasarkan pengujian yang dilakukan sebelumnya diketahui bahwa unutk kepala sekolah sebagai administrator (X) di SMP Negeri 2 Tanjung Pura menunjukkan sebaran skor kepala sekolah sebagai administrator (X) sebanyak 4 orang (10,8 %) berada di bawah rata-rata kelas interval dan sebanyak 11 orang (13,5 %) berada pada rata-rata kelas interval dan sebanyak 5 orang (29,7 %) di atas rata-rata. Berdasarkan data di atas maka Skor kepala sekolah sebagai administrator (X) umumnya berada di atas rata-rata. Untuk variabel Kinerja Guru (Y) sebanyak 4 orang (10,8 %) berada di bawah rata-rata kelas interval dan sebanyak 5 orang (13,5 %) berada pada rata-rata kelas interval dan sebanyak 28 orang (75,6 %) di atas rata-rata. Berdasarkan data di atas maka skor Kinerja Guru (Y) umumnya berada di atas rata-rata. Tabel di atas menunjukkan bahwa koefisien korelasi antara variabel kepala sekolah sebagai administrator (X) dengan Kinerja Guru (Y) sebesar 0,577 dengan demikian kontribusi keduanya tergolong baik. Sementara itu koefisien determinasinya akan dihitung menggunakan rumus D = (rxy)2 × 100%. Berdasarkan rangkuman diatas terlihat koefisien determinasi (rxy2) yang diperoleh dari hasil perhitungan sebesar 0,33 yang memberikan makna bahwa motivasi kerja (x) memberikan pengaruh sebesar 0,33 x 100 % = 33 % terhadap kinerja guru (y). Kinerja seorang gurutidak dapat terlepas dari kompetensi yang melekat dan harus dikuasai yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi propsional, kompetennsi sosial, dan kompetensi keperibadian Kata kunci : kepala sekolah sebagai administrator, kinerja guru
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mr Fauzi Ep |
Date Deposited: | 28 Jul 2018 08:35 |
Last Modified: | 26 Jun 2019 03:22 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3808 |
Actions (login required)
View Item |