Pengaruh keragaman produk dan harga terhadap kepuasan konsumen dengan keputusan pembelian sebagai variabel intervening di giant express Letda Sujono

Pulungan, Isma Akhyarni (2018) Pengaruh keragaman produk dan harga terhadap kepuasan konsumen dengan keputusan pembelian sebagai variabel intervening di giant express Letda Sujono. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP ISMA AKHYARNI PULUNGAN.pdf - Submitted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kelengkapan produk bagi sebuah swalayan merupakan faktor yang penting untuk menarik konsumen. Semakin lengkap produk yang ditawarkan maka semakin memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Selain kelengkapan produk, harga yang ditawarkan oleh swalayan juga merupakan pertimbangan-pertimbangan yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli di suatu swalayan. Jika konsumen sudah melakukan pembelian terhadap suatu produk akan tercipta kepuasan konsumen terhadap barang yang di beli. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keragaman produk dan harga terhadap kepuasan konsumen dengan keputusan pembelian sebagai variabel intervening di Giant Ekspres Letda Sujono. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 6.000 orang dari pengunjung Giant yang melakukan pembelian dan sampelnya sebanyak 98 responden. Teknik pengumpulan sampelnya yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan pengukuran Skala Likert. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, dan analisis path. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa keragaman produk berpengaruh signifikan secara langsung dan positif terhadap keputusan pembelian sebesar 0,318, pengaruh secara tidak langsung terhadap kepuasan konsumen sebesar 0,176. Harga berpengaruh signifikan secara langsung terhadap keputusan pembelian sebesar 0,338, pengaruh secara tidak langsung terhadap kepuasan konsumen sebesar 0,116. Keputusan pembelian berpengaruh secara langsung terhadap kepuasan konsumen sebesar 0,529. Jadi keputusan pembelian memediasi keragaman produk dan harga terhadap kepuasan konsumen karena total effect > direct effect. Kesimpulannya keragaman produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, begitu juga keputusan pembelian berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini berarti keputusan pembelian di Giant Ekspres signifikan dalam memediasi hubungan antara keragaman produk dan harga terhadap kepuasan konsumen. Kata Kunci : Keragaman Produk, Harga, Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 20 Jul 2018 03:53
Last Modified: 24 Jun 2019 03:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3773

Actions (login required)

View Item View Item