Analisis kesulitan dan alternatif pemecahannya dalam menyelesaikan soal-soal matematika pokok bahasan logaritma di kelas x mas pab-1 Sampali tahun ajaran 2016/2017

Pratama, M.Yuanda (2018) Analisis kesulitan dan alternatif pemecahannya dalam menyelesaikan soal-soal matematika pokok bahasan logaritma di kelas x mas pab-1 Sampali tahun ajaran 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
m yuanda pratama 1.pdf - Submitted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah persentase kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika pokok bahasan logaritma di kelas X MAS PAB-1 SAMPALI dan alternatif apa saja untuk mengurangi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal logaritma. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persentase kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika pokok bahasan logaritma serta untuk mengetahui alternatif untuk mengatasi kesulitan-kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal logaritma. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif, instrumen yang digunakan adalah tes uraian yang terdiri dari 10 soal. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAS PAB-1 SAMPALI Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 64 siswa dan menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 64 siswa ( total samplingan ). Dari hasil penelitian yang diperoleh bahwa sebanyak 41,8% siswa mengalami kesulitan tipe I yaitu siswa mengalami kesulitan karena tidak memahami sifat-sifat logarima, 28,3% siswa mengalami kesulitan tipe II yaitu siswa mengalami kesulitan menggunakan dan menghitung data yang telah ada, dan 29,9% siswa mengalami kesulitan tipe III yaitu siswa mengalami kesulitan menyelesaikan soal sampai akhir. Dari kesulitan-kesulitan yang dominan tersebut diatas maka diambil alternatif penanggulangan yaitu: 1. Siswa hendaknya diberikan pemahaman yang jelas tentang sifat-sifat logaritma dan diberi latihan atau tugas-tugas agar siswa dapat memahaminya dengan mudah. 2. Dalam memberikan materi hendaknya guru melihat cara berfikir siswa dan daya tangkapnya sehingga guru tidak perlu tergesah-gesah dalam memberi materi, dan guru hendaknya mengurangi sifat otoriternya kepada siswa jangan memarahi dan membentak siswa secara berlebihan apabila siswa tidak mampu menyelesaikan soal-soal matematika, malah sebaliknya siswa yang tidak mampu harus diberi motivasi agas siswa dapat semangat dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan.Dari persentase kesulitan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal logaritma yaitu pada tabel nomor 1 siswa yang mengalami kesulitan sebanyak 56,4%, soal nomor 2 siswa yang mengalami kesulitan sebanyak 27,4%, soal nomor 3 siswa yang mengalami kesulitan sebanyak 83,8%, soal nomor 4 siswa yang mengalami kesulitan sebanyak 30,6%, soal nomor 5 siswa yang mengalami kesulitan sebanyak 67,7%, soal nomor 6 siswa yang mengalami kesulitan sebanyak 80,7%, soal nomor 7 siswa yang mengalami kesulitan sebanyak 12,9%, soal nomor 8 siswa yang mengalami kesulitan sebanyak 79,1%, soal nomor 9 siswa yang mengalami kesulitan sebanyak 37%, soal nomor 10 siswa yang mengalami kesulitan sebanyak 49,3%.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 09 Apr 2018 04:40
Last Modified: 09 Apr 2018 04:40
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3510

Actions (login required)

View Item View Item