Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode brainstorming pada mata pelajaran fiqih materi jual beli di kelas x madrasah aliyah 1 Stabat tahun ajaran 2016-2017

Zulfikar, Muhammad (2017) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode brainstorming pada mata pelajaran fiqih materi jual beli di kelas x madrasah aliyah 1 Stabat tahun ajaran 2016-2017. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUHAMMAD ZULFIKAR.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pelaksanaan Pembelajaran Agama melalui metode Brainstorming. (2) Peningkatan hasil belajar siswa melalui metode Brainstorming pada siswa kelas X MAN 1 Stabat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 1 Stabat Kab. Langkat yang berjumlah 30 Orang. Perlakuan yang diberikan kepada subjek penelitian untuk meningkatkan hasil belajar Fiqih dengan menggunakan metodel Brainstorming materi Jual Beli. Temuan penelitian ini sebagai berikut: (1) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Brainstorming sudah sesuai dengan prosedur pelaksanaan pembelajaran. (2) meningkatnya nilai rata-rata kelas pada saat tes awal sebesar 64,33 dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 33,37%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 74,16 dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 53,33% dan siklus II nilai rata-rata sebesar 80,66 dengan tingkat ketuntasan belajar 90,00%. (3) meningkatnya hasil belajar siswa dari tes awal sampai siklus II.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 26 Feb 2018 06:52
Last Modified: 09 Jul 2019 08:19
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3454

Actions (login required)

View Item View Item