Upaya meningkatkan kema mpuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem solving pada materi himpunan dikelas vii mts al-ikhlas ajamu t.p 2016-2017

Hasibuan, Sri Yuslita (2017) Upaya meningkatkan kema mpuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem solving pada materi himpunan dikelas vii mts al-ikhlas ajamu t.p 2016-2017. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SRIYUSLITA.pdf - Submitted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah diterapkannya pembelajaran Problem Solving pada materi Himpunan di kelas VII MTs Al-Ikhlas Ajamu, (2) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru selama proses pembelajaran di kelas VII MTs Al-Ikhlas Ajamu yang mengajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving pada materi Himpunan, (3) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa selama proses pembelajaran di kelas VII MTs Al-Ikhlas Ajamu yang mengajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving pada materi Himpunan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas VII MTs Al-Ikhlas Ajamu tahun ajaran 2015/2016 yang diambil satu kelas dari Sembilan kelas yang ada, yaitu kelas VII-4 yang berjumlah 36 orang. Objek dalam penelitian ini adalah Upaya Meningkatkan Kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan model Pembelajaran problem solving pada materi himpunan Di Kelas VII MTs Al-Ikhlas Ajamu TA 2015/2016”. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penerapan model pembelajaran Problem Solving mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas VII MTs. Al-Ikhlas Ajamu TP. 2015/2016. Hal ini di tunjukkan oleh persentase ketuntasan klasikal dan nilai rata-rata kelas di akhir siklus I masing-masing sebesar 58,33% dan 68,33 yang meningkat menjadi 83,33% dan 76,56 di akhir siklus II. Aktivitas guru juga menunjukkan peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi guru siklus I pertemuan pertama dan kedua yang mendapatkan nilai rata-rata skor sebesar 2,25 yang meningkat pada siklus II pertemuan pertama dan kedua dengan nilai rata-rata skor sebesar 3,00. Aktivitas siswa juga menunjukkan peningkatan. Hal ini dapat terlihat dari hasil observasi aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung pada siklus I pertemuan pertama dan kedua dengan nilai rata-rata skor sebesar 2,08 yang meningkat pada siklus II pertemuan pertama dan kedua menjadi 3,25.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 26 Feb 2018 06:52
Last Modified: 26 Feb 2018 06:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3451

Actions (login required)

View Item View Item