Pengaruh kualitas pelayanan, harga, kelengkapan produk dan lokasi terhadap kepuasan konsumen koperasi pegawai Republik Indonesia omi swalayan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Khairi, Nanda Wijhan (2017) Pengaruh kualitas pelayanan, harga, kelengkapan produk dan lokasi terhadap kepuasan konsumen koperasi pegawai Republik Indonesia omi swalayan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
NANDA WIJHAN KHAIRI NIM 26133018.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Koperasi Pegawai Republik Indonesia Omi Swalayan UIN-SU adalah koperasi yang berbentuk unit swalayan dimana Omi Swalayan UIN-SU menjual beraneka ragam produk untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang berada dilokasi kampus UIN-SU. Namun, ada beberapa masalah yang menjadi faktor kecenderungan pembeli yang merasa tidak puas setelah berbelanja di swalayan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, harga, kelengkapan produk, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia Omi Swalayan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara . Populasi dalam penelitian ini adalah rata-rata jumlah pengunjung yang berbelanja di KPRI Omi Swalayan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang dilakuksan dengan menyebar kuesioner. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 89 orang. Berdasarkan uji SPSS secara parsial dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas pelayanan (X1) kualitas layanan memiliki nilai thitung 4,062 yang lebih besar dari nilai ttabel 1,6632, variabel harga (X2) memiliki nilai thitung 4,243 yang lebih besar dari nilai ttabel 1,6632, variabel kelengkapan produk (X3) memiliki nilai thitung 1,211 yang lebih kecil dari nilai ttabel 1,6632, variabel lokasi (X4) memiliki nilai thitung 3,269 yang lebih besar dari nilai ttabel 1,6632. Dari hasil uji parsial ini dinyatakan bahwa kualitas layanan, harga dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen sedangkan kelengkapan produk tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Dan hasil uji SPSS secara simultan dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas pelayanan, harga, kelengkapan produk, dan lokasi secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai kepuasan konsumen. Dimana hasilnya diperoleh Fhitung sebesar 35,872 sedangkan Ftabel 2,48. Berdasarkan hasil uji determinasi (R2) sebesar 61,3% yang menunjukkan bahwa model yang dibuat untuk memprediksi pengaruh kualitas layanan(X1), harga (X2), kelengkapan produk (X3), dan lokasi (X4) mampu menerangkan realisasi kepuasan konsumen (Y) sebesar sebesar 61,3%, sedangkan sisanya sebesar 38,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model ini.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 21 Feb 2018 04:31
Last Modified: 24 Jun 2019 06:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3423

Actions (login required)

View Item View Item