Upaya meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia dini melalui metode proyek di tk nurul ihsan ilmi Medan Tembung

Saridawati, Mrs (2017) Upaya meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia dini melalui metode proyek di tk nurul ihsan ilmi Medan Tembung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
tmp357d.pdf - Submitted Version

Download (894kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kemampuan sosial emosional anak sebelum diterapkan metode Proyek dengan menggunakan menanam kacang hijau di TK Nurul Ihsan Ilmi Medan Tembung. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan metode proyek dengan menggunakan menanam kacang hijau dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia dini di kelompok A di TK Nurul Ihsan Ilmi Medan Tembung. (3) Untuk mengetahui apakah dengan melalui metode proyek dengan menggunakan bahan menanam kacang hijau dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia dini di kelompok A Di TK Nurul Ihsan Ilmi Medan Tembung. Hasil analisis data pada Pra Tindakan nilai rata-rata (43,38%) diperoleh data bahwa kemampuan sosial emosional anak yaitu sebanyak 1 orang anak atau (8,33%) tergolong berkembang sangat baik dan 3 orang anak atau ( 25%) tergolong berkembang sesuai harapan ,mulai berkembang (33,33%) belum berkembang(33,33%). Hasil analisis data pada siklus I diperoleh data bahwa kemampuan sosial emosional anak yaitu sebanyak 5 orang anak atau (41,66%) tergolong berkembang sangat baik, 4 orang anak atau (33,33%) tergolong berkembang sesuai harapan, 2 orang anak atau (16,66%) tergolong mulai berkembang dan 1orang anak atau (8,33%) . Dari data hasil observasi tersebut hingga perlu dilakukan pembelajaran melalui metode proyek dengan menggunakan bahan menanam kacang hijau yang lebih baik pada sikus II. Dari hasil analisis siklus II diperoleh hasil bahwa kemampuan sosial emosional anak meningkat yaitu terdapat 9 orang anak atau (75%) yang tergolong Berkembang Sangat Baik, 2 orang anak atau (16,66%) yang tergolong Berkembang Sesuai Harapan dan 1 orang anak atau (8,33%) tergolong Mulai Berkembang. Dari hasil temuan peneliti tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa melalui metode proyek dengan menggunakan bahan menananm kacang hijau dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia dini kelompok A Di TK Nurul Ihsan Ilmi Medan Tembung.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 08 Feb 2018 10:21
Last Modified: 08 Feb 2018 10:21
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3354

Actions (login required)

View Item View Item