Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa pada kelas viii mts Al-Washliyah Tembung

Pasaribu, Kurnia Arifah (2017) Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa pada kelas viii mts Al-Washliyah Tembung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI .pdf - Submitted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa jika dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajran ekspositori di kelas VIII MTs Al-Washliyah Tembung Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Washliyah Tembung yang berjumlah 80 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-1 berjumlah 39 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-6 berjumlah 43 siswa sebagai kelas kontrol. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII MTs Al-Washliyah Tembung yang diajar dengan pendekatan matematika realistik pada materi pokok kubus dan balok tetapi tidak signifikan. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t kedua pembelajaran yang menunjukkan thiung > ttabel atau 1,354 > 13,31 yaitu penolakan terhadap Ha dan Ho diterima. Dengan demikian benar ada pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 06 Feb 2018 07:55
Last Modified: 06 Feb 2018 07:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3324

Actions (login required)

View Item View Item