Saragih, Citra Wulandari (2017) Komunikasi guru dalam pembelajaran pai di smp it al-hijrah laut dendang kecamatan Percut Sei Tuan kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
PDF.pdf - Submitted Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Proses komunikasi guru memotivasi siswa dalam pembelajaran PAI di SMP IT Al-Hijrah Lau Dendang; 2) Proses komunikasi guru menjelaskan pelajaran dalam pembelajaran PAI di SMP IT Al-Hijrah Lau Dendang; 3) Upaya guru mengatasi kendala komunikasi yang terjadi dalam pembelajaran PAI di SMP IT Al-Hijrah Lau Dendang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi guru dalam pembelajaran PAI di SMP IT Al-Hijrah Lau Dendang sudah terlaksana dengan baik dan dilakukan secara efektif, yaitu: 1) Proses komunikasi guru memotivasi siswa dalam pembelajaran PAI di SMP IT Al-Hijrah Lau Dendang sudah terlaksana dengan baik dengan melakukan penerapan variasi dalam pembelajaran PAI dan mengadakan umpan balik dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang membangun berfikir siswa serta variasi dalam interaksi dan kegiatan peserta didik. 2) Proses komunikasi guru menjelaskan pelajaran dalam pembelajaran PAI di SMP IT Al-Hijrah Lau Dendang sudah terlaksana dengan baik, dengan melakukan penjelasan pelajaran dengan jelas dan dengan bahasa yang baik dan benar, penyederhanaan kata dalam menjelaskan pelajaran, menjelaskan pelajaran dengan metode pembelajaran yang bervariasi, penggunaan alat dan media pembelajaran yang mendukung, serta penuh kesabaran dalam menjelaskan pelajaran dan pengulangan. 3) Upaya guru mengatasi kendala komunikasi yang terjadi dalam pembelajaran PAI di SMP IT Al-Hijrah Lau Dendang sudah terlaksana dengan baik, dengan melakukan upaya berhati-hati dalam mengajar dengan selalu memperhatikan keadaan siswa dan memahami perubahan minat belajar siswa serta berusaha mengendalikan kelas dengan aman dan kondusif.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mr Fauzi Ep |
Date Deposited: | 05 Feb 2018 08:41 |
Last Modified: | 02 Jul 2019 02:39 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3314 |
Actions (login required)
View Item |