Peningkatan hasil belajar aqidah akhlak menggunakan model kooperatif tipe student team achievement division (stad) pada materi sifat wajib allah di smp K.H Ahmad Dahlan Medan

Sidiq, Abdur Rahman (2017) Peningkatan hasil belajar aqidah akhlak menggunakan model kooperatif tipe student team achievement division (stad) pada materi sifat wajib allah di smp K.H Ahmad Dahlan Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ABDUR RAHMAN SIDIQ.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar siswa pada bidang studi Aqidah Akhlak pada materi Sifat Wajib Allah di kelas VII-2 SMP K.H. Ahmad Dahlan tahun pelajaran 2015/2016 dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD, yang siswanya 23 orang. Temuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi Sifat Wajib Allah di kelas VII-2 SMP K.H. Ahmad Dahlan bahwa penguasaan materi masih rendah. Nilai rata-rata kelas adalah 50 dari 23 jumlah siswa, 5 orang (21,73%) tuntas, dan 18 orang (78,26%) belum tuntas. (2) Penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) pada materi Sifat Wajib Allah di kelas VII-2 SMP mendapat respon baik dari siswa. Hal ini dapat dilihat dari observasi selama tindakan bahwa siswa terlihat aktif dalam proses pembelajaran. (3) Hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi Sifat Wajib Allah di kelas VII-2 SMP K.H. Ahmad Dahlan Kab. Deli Serdang Sumatera Utara meningkat. Pada siklus I nilai rata-rata siswa adalah 70, siswa tuntas sebanyak 11 orang (47,83%) dan sebanyak 12 orang siswa belum tuntas (52,17%). Pada siklus II nilai rata-rata kelas menjadi 82,60, siswa tuntas sebanyak 20 orang (86,95%) dan yang belum tuntas sebanyak 3 orang (13,05%) Oleh karena itu, metode Student Team Avhievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII-2 SMP K.H. Ahmad Dahlan Medan Sumatera Utara.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 05 Feb 2018 08:40
Last Modified: 09 Jul 2019 08:15
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3312

Actions (login required)

View Item View Item