Upaya meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bangun datar dengan menggunakan alat peraga papan berpaku di kelas iv mis Hidayatussalam desa Bandar Khalifah kec. Percut Sei Tuan tahun pelajaran 2016/2017

Solikin, Mr (2017) Upaya meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bangun datar dengan menggunakan alat peraga papan berpaku di kelas iv mis Hidayatussalam desa Bandar Khalifah kec. Percut Sei Tuan tahun pelajaran 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SOLIKIN.pdf - Submitted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MIS Hidayatussalam yang siswanya berjumah 41 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan alat peraga papan berpaku pada mata pelajaran Matematika materi bangun datar. (2) Hasil belajar siswa setelah menggunakan alat peraga papan berpaku pada mata pelajaran Matematika materi bangun datar. (3) Terjadi atau tidaknya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan alat peraga papan berpaku. Temuan dalam penelitian ini adalah: (1) Hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga papan berpaku pada mata pelajaran Matematika materi bangun datar tergolong tinggi. (2) Terjadinya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi bangun datar dengan mengunakan alat peraga papan berpaku. (3) Respon siswa selama menerapkan alat peraga papan berpaku pada mata pelajaran Matematika materi bangun datar adalah positif, di mana siswa terlibat aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada pre test presentase ketuntasan sebesar 14,60% meningkat ke post-test siklus I menjadi 41,50% dan ketika dilaksanakan post-test siklus II terjadi peningkatan dengan presentase ketuntasan sebesar 87,80%. Dengan demikian, penerapan alat peraga papan berpaku pada mata pelajaran Matematika materi bangun datar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 05 Feb 2018 08:40
Last Modified: 19 Jul 2019 03:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3311

Actions (login required)

View Item View Item