Jusmiati, Delsi (2018) Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pokok bahasan lingkaran kelas viii Mts.Al-Ittihadiyah (Mamiyai) kec. Medan Area. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
skripsi wisuda harus bulan 5.pdf - Submitted Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pendekatan pembelajaran Matematika Realistik terhadap Kemampuan Berpikir Keatif Matematika Siswa kelas VIII ditinjau dari prestasi belajar matematika siswa, mendeskripsikan pengaruh pembelajaran ekspositori terhadap kemampan berpikir kreatif siswa dan mendeskripsikan pengaruh yang lebih baik dari 2 model pembelajaran yang diterapkan dengan melihat prestasi yang dicapai siswa kelas VIII MTs Al-Ittihadiyah (Mamiyai) tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasai exsperiment penelitian dilakukan di MTs Al-Ittihadiyah (Mamiyai). Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII dan pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dimana kelas VIII-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-1 sebagai kelas kontrol. Dari Hasil analisis data pada pretest kelas eksperimen diperoleh bahwa kemampuan berpikir kreatif matematika siswa masih tergolong rendah dengan nilai rata-rata sebesar 44 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 41,08. Hasil analisis data pada posttest kelas eksperimen diperoleh bahwa kemampuan berpikir kreatif matematika siswa meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 77,5, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 48,91. Serta diperoleh thitung 5,581 dan ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,021. Dengan melihat kriteria keputusan thitung > ttabel hal ini menyatakan bahwa pengaruh pembelajaran matematika realistik berbeda dengan pengaruh pembelajaran ekspositori. Dari hasil diatas maka dapat disimpulkan: 1. Pendekatan pembelajaran matematika realistik berpengaruh baik terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. 2 pembelajaran eksposotori kurang berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. 3. Pengaruh pembelajaran matematika realistik lebih baik dari pada pembelajaran ekspositori.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Pengguna yang mendeposit: | Mr Fauzi Ep |
Date Deposited: | 23 Jan 2018 06:09 |
Last Modified: | 23 Jan 2018 06:09 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3226 |
Actions (login required)
View Item |