Pulungan, Siti Rahmadani (2018) Penerapan strategi pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam materi pesawat sederhana di kelas v min Belawan kecamatan Medan Belawan 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI BARNING.pdf - Submitted Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuannya untuk mengetahui 1) hasil belajar siswa sebelum menggunakan strategi pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPA materi pesawat sederhana. 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah mengunakan strategi pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPA materi pesawat sederhana. 3) Untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pesawat sederhana di kelas V di Madrasah Ibitaiyah Negeri Belawan.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V MIN Belawan berjumlah 24 siswa. Variabel penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan rata-rata Persentase ketuntasan klasikal siswa juga mengalami peningkatan, siklus I 70,83%, Siklus II 79,16%, dan siklus III 95,83%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka simpulan yang diperoleh adalah strategi inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIN Belawan pada mata pelajaran IPA. Saran yang bisa diberikan adalah penelitian melalui strategi inkuiri dapat dikembangkan lebih lanjut, baik oleh guru, lembaga, maupun pengembang pendidikan lainnya dengan harapan metode inkuiri dalam pembelajaran menjadi lebih baik.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mr Fauzi Ep |
Date Deposited: | 18 Jan 2018 02:09 |
Last Modified: | 30 Jul 2019 04:15 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3215 |
Actions (login required)
View Item |