Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi kubus dan balok di kelas viii mts Islamiyah Medan tahun ajaran 2016/2017

Zega, Wiwik Lestari (2018) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi kubus dan balok di kelas viii mts Islamiyah Medan tahun ajaran 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tari.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “1. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII MTs Islamiyah Medan T.A 2016/2017, 2. Pengaruh pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII MTs Islamiyah Medan T.A 2016/2017, 3. Perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan pembelajaran konvensional pada materi kubus dan balok di kelas VIII MTs Islamiyah Medan T.A 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, jenis penelitian quasi eksperimen. Dengan menggunakan Control Group Posttest-Only Design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Islamiyah Medan T.A 2016/2017 dengan dua kelas sampel, yakni kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan VIII-3 sebagai kelas kontrol. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji tuckey (uji-t). Hasil temuan ini menunjukkan: 1. Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada materi kubus dan balok di kelas VIII MTs Islamiyah Medan T.A 2016/2017. 2. Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional tidak lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada materi kubus dan balok di kelas VIII MTs Islamiyah Medan T.A 2016/2017. 3. Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan pembelajaran konvensional pada materi kubus dan balok di kelas VIII MTs Islamiyah Medan T.A 2016/2017. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray lebih baik daripada yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada materi kubus dan balok di kelas VIII MTs Islamiyah Medan Tahun Ajaran 2016/2017.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 15 Jan 2018 03:22
Last Modified: 15 Jan 2018 03:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3207

Actions (login required)

View Item View Item