Hubungan penguasaan konsep bangun datar dengan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang di kelas viii mts Muhammadiyah 01 Medan

Pulungan, Andi Alamsyah (2017) Hubungan penguasaan konsep bangun datar dengan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang di kelas viii mts Muhammadiyah 01 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
ANDI ALAMSYAH PULUNGAN.pdf - Submitted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penguasaan konsep bangun datar dengan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang di kelas VIII MTs Muhammadiyah 01 Medan. Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasi dengan desain Expost Facto. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Muhammadiya 01 Medan Tahun Ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 1 kelas, dan seluruh populasi dijadikan sampel. Hasil temuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Kemampuan penguasaan konsep siswa dalam menyelesaikan soal pada materi bangun datar memiliki nilai rata-rata ( ̅) yaitu siswa yang berada pada klasifikasi kelompok sedang ( ) yang merupakan jumlah siswa terbanyak yaitu 24 orang, kelompok tinggi 6 orang dan kelompok rendah 7 orang. (2) Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi bangun ruang memiliki nilai rata-rata ( ̅) yaitu siswa yang berada pada klasifikasi kelompok sedang ( yang merupakan jumlah siswa terbanyak yaitu 27 orang, kelompok tinggi 3 orang dan kelompok rendah 7 orang. (3) Hipotesis penelitian yang berbunyi “Terdapat Hubungan Antara Penguasaan Konsep Matematika Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah 01 Medan” diterima. Hal ini dibuktikan oleh nilai rxy pada uji hipotesis menggunkan uji korelasi Product Moment yaitu 0,604 sehingga termasuk dalam kategori korelasi sedang atau cukupan. Kekuatan hubungan antara kedua variabel tersebut adalah sebesar 36,508% yang artinya 36,508% hasil belajar siswa pada materi bangun ruang dipengaruhi oleh penguasaan konsep siswa pada materi bangun datar sedangkan sisanya 63,492% lagi dipengaruhi oleh faktor lainnya. Serta menggunakan uji t diperoleh nilai thitung sebesar 4,486, dengan menggunakan tabel product moment diketahui harga ttabel -pada taraf ( ) , ini menjelaskan bahwa thitung > ttabel yang artinya korelasi signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya hubungan yang signifikan antara penguasaan konsep bangun datar dengan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang pada siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 01 Medan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 12 Jan 2018 07:27
Last Modified: 12 Jan 2018 07:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3184

Actions (login required)

View Item View Item