Peningkatan hasil belajar siswa melalu strategi peer lesson pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di kelas x keagamaan man 3 Medan

Sari.S, Meilinda (2017) Peningkatan hasil belajar siswa melalu strategi peer lesson pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di kelas x keagamaan man 3 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Meilinda PDF.pdf - Submitted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam melalui strategi Peer Lesson di kelas X Keagamaan MAN 3 Medan (2) langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam melalui strategi Peer Lesson di kelas X Keagamaan MAN 3 Medan (3) hasil belajar siswa dengan strategi Peer Lesson pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada materi Proses Pemilihan Khulafaurrasyidin di kelas X Keagamaan MAN 3 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Reseach) dengan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Keagamaan MAN 3 Medan tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa sebanyak 43 orang. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi Peer Lesson untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Proses Pemilihan Khulafaurrasyidin. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: (1) Perencanaan/persiapan tindakan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi dan dianalisis dengan rumus persentase. Pelaksanaan strategi Peer Lesson ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa Kelas X Keagamaan MAN 3 Medan. Sebelum dilakukan tindakan hasil belajar siswa tergolong kurang dengan rata-rata 69,91. Kemudian terjadi peningkatan pada siklus I dengan rata-rata 78,28. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan rata-rata 83,09.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 10 Jan 2018 03:32
Last Modified: 02 Jul 2019 02:40
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3164

Actions (login required)

View Item View Item