Upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi himpunan melalui model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together di kelas vii-a mts aziddin Medan t.p 2016-2017

Badriyah, Ummul (2017) Upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi himpunan melalui model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together di kelas vii-a mts aziddin Medan t.p 2016-2017. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi PDF.pdf - Submitted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) pada pelajaran matematika dengan Materi Himpunan di Kelas VII-A MTs Aziddin Medan. (2) Aktivitas siswa dan guru saat diterapkan pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) pada pelajaran matematika dengan materi himpunan di Kelas VII-A MTs Aziddin Medan. (3) Hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) pada pelajaran Matematika dengan Materi Himpunan di Kelas VII-A MTs Aziddin Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (action research) yang dilakukan di MTs Aziddin Medan di Kelas VII-A. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan: (1) pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 75,2 dan sebanyak 17 siswa (56,67 %) sudah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 13 siswa (43,33 %) belum mencapai ketuntasan belajar. Skor rata-rata aktivitas siswa mencapai 2,55 yang menunjukkan kategori cukup sedangkan skor rata-rata aktivitas guru mencapai 2,6 yang berkategori cukup (2)pada siklus II diperoleh hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata sebesar 83,5 dengan ketuntasan belajar mencapai 86,67 % atau sebanyak 26 siswa sedangkan 4 siswa ( 13,33 %) tidak mencapai nilai ketuntasan belajar. Skor rata-rata aktivitas siswa mencapai 3,55 yang menunjukkan berkategori baik sedangkan skor rata-rata aktivitas guru mencapai 3,5 yang berkategori baik. Penelitian ini menjelaskan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 05 Jan 2018 08:10
Last Modified: 05 Jan 2018 08:10
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3151

Actions (login required)

View Item View Item