Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok pada mata pelajaran fiqih materi pokok shalat jumat di kelas vii di mts. al-hasanah Medan

Yani, Nofi (2017) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok pada mata pelajaran fiqih materi pokok shalat jumat di kelas vii di mts. al-hasanah Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NOFI YANI 31131191.pdf - Submitted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pelaksanaan pembelajaran agama melalui model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok (2) Meningkatkan hasil belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok di kelas VII MTs Al-Hasanah Medan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas VII dengan jumlah 15 orang siswa. Perlakuan yang diberikan kepada sebjek penelitian untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Fiqih materi pokok shalat jumat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok. Temuan penelitian ini sebagai berikut: (1) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok sudah sesuai dengan prosedur pelaksanaan pembelajaran. (2) Meningkatkan nilai-nilai rata-rata kelas pada test awal sebesar 54,4% dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 13,3%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 76 dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 46,67%. Dan siklus II nilai rata-rata sebesar 74 dengan ketuntasan belajar sebesar 80%. (3) meningkatkan hasil belajar siswa dari tes awal sampai siklus II.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 14 Dec 2017 02:48
Last Modified: 09 Jul 2019 08:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3076

Actions (login required)

View Item View Item