Upaya meningkatkan hasil belajar melalui strategi pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran akidah akhlak terhadap siswa – siswa kelas vii madrasah tsanawiyah yapni lubuk pakam

Abdullah, Abdullah (2017) Upaya meningkatkan hasil belajar melalui strategi pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran akidah akhlak terhadap siswa – siswa kelas vii madrasah tsanawiyah yapni lubuk pakam. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PDF.pdf - Submitted Version

Download (586kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran akidah akhlak. Subyek pada penelitian ini adalah siswa – siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah YAPNI Lubuk Pakam sebanyak 120 orang, dengan sampel sebanyak 20 orang siswa. Metodologi penelitian dilakukan melalui observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, pemaparan data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pada tes pra siklus terlihat bahwa tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal hanya mencapai 35% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 7 orang dan 65% dengan jumlah siswa yang belum tuntas sebanyak 13 orang, (2) Pada tindakan siklus I yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran jigsaw diperoleh 15 orang siswa tuntas (75%) dan 5 orang siswa belum tuntas (25%). (3) Pada siklus II, 18 orang siswa yang tuntas (90%) dan hanya 2 orang siswa yang belum tuntas (10%). Maka, pembelajaran Akidah Akhlak dengan menerapkan strategi jigsaw ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa – siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah YAPNI Lubuk Pakam.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 14 Dec 2017 02:47
Last Modified: 01 Jul 2019 07:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3065

Actions (login required)

View Item View Item