Pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik role playing terhadap kepedulian sosial sesama teman sebaya di sma islam azizi medan”.

Ardiyanti, Silva (2017) Pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik role playing terhadap kepedulian sosial sesama teman sebaya di sma islam azizi medan”. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Submitted Version

Download (338kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Islam Azizi Medan dimana terdapat siswa yang memiliki kepedulian sosial sesama teman sebaya yang cendrung rendah. Dengan indikator saling tolong menolong, simpati dan empati, bekerjasama, saling menghargai, bersopan santun, dukungan sosial dan bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik role playing terhadap kepedulian sosial sesama teman sebaya di SMA Islam Azizi Medan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode quasiexperimental designdengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah 110 siswa SMA Swasta Ilsam Azizi Medan. dan sebagai sempelnya adalah 10 siswa SMA Swasta Islam Azizi Medan dari katagori tinggi, sedang danrendah. Teknik sempel diambil dengan teknik purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket yang yang terdiri dari 60 pernyataan. Dan teknik analisis data yang digunakan yaitu ujiWilcoxon. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik role-playing.Hal ini,diperoleh dari data pre-test ratarata 73 dan rata-rata post-test sebesar 95,3 dan terdapat peningkatan internal kepedulian sosial sesama teman sebaya pada siswa senilai 30.55%. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji tanda wilcoxon yang menunjukkan bahwa pada taraf signifikan hasil perhitungan post-test 5% Jhitung < J (0<8) dengan nilai Z yang didapat sebesar -2,803 dengan nilai p value (asymp. 2 tailed) sebesar 0,005 dimanakurang dari batas 0,05. Sehingga keputusan hipotesis adalah H1 diterima karena terdapat perbedaan antara kelompok pre-test dan post-test. Dimana kepedulian sosial sesama teman sebaya yang mendapatkan bimbingan kelompok teknik role playing lebih tinggi dari pada sebelum dilakukan bimbingan kelompok teknikrole playing.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 14 Dec 2017 02:40
Last Modified: 26 Jun 2019 02:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3049

Actions (login required)

View Item View Item