Penggunaan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan self control dalam mengurangi perilaku agresif siswa kelas vii-9 di mts al-jam’iyatul washliyah tembung

Julianti, Anisha (2017) Penggunaan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan self control dalam mengurangi perilaku agresif siswa kelas vii-9 di mts al-jam’iyatul washliyah tembung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Anisha.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan self control dalam mengurangi perilaku agresif siswa di Madrasah Tsanawiyan Al-Jam‟iyatul Washliyah Tembung dikarenakan masih rendahnya self control siswa di kelas VII 9 sehingga diperlukannya layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan self control siswa dalam mengurangi perilaku agresif. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah self control siswa melalui layanan bimbingan kelompok di kelas VII 9 MTs. Al-Jam‟iyatul Washliyah Tembung dapat meningkatkan dalam mngurangi perilalu agresif siswa? Tujuannya untuk mendeskripsikan hasil self control dapat mengurangi perilaku agresif siswa kelas VII 9 MTs. Al-Jam‟iyatul Washliyah Tembung. Penelitiian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan konseling yang terdiri dari II siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII 9 MTs. Al-Jam‟iyatul Washliyah Tembung yang berjumlah 37 siswa. Variabel penelitian ini adalah self control dalam mengurangi perilaku agresif siswa, melalui layanan bimbingan kelompok. Data dikumpulkan melalui teknik tes dan non tes. Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan self control siswa mempunyai pengaruh yang signifikan dalam mengurangi perilaku agresif melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VII-9 MTs Al-Jam‟iyatul Washliyah Tembung. Di prasiklus persentase 40% dan mengalami peningkatan 20% di siklus I dengan hasil persentase 60% dan di siklus II layanan yang diberikan oleh peneliti mengalami peningkatan 30% dan mampu mencapai persentase 90%. Jika dibandingkan dengan persentase siklus I, self control dalam mengurangi perilaku agresif siswa setelah melakukan tindakan pada siklus II terjadi peningkatan yang artinya perilaku agresif siswa berkurang. Oleh karena itu, perilaku agresif siswa dapat di atasi melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VII-9 MTs Al-Jam‟iyatul Washliyah Tembung.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 14 Dec 2017 02:38
Last Modified: 26 Jun 2019 02:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3038

Actions (login required)

View Item View Item