Pendidikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran tahfizh di mis al-quba medan

Jamaluddin, Fadhillah (2017) Pendidikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran tahfizh di mis al-quba medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Sripsi.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui perencanaan pendidikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran tahfizhdi MIS Al-Quba Medan, 2) Pelaksanaan pendidikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran tahfizhdi MIS Al-Quba Medan, 3) Faktor pendukung dan penghambat pendidikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran tahfizhdi MIS Al-Quba Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, yang diartikan sebagai pengalaman subjektif atau pengalaman fenomenologikal dan merupakan pandangan berfikir fokus kepada pengalaman-pengalaman subjektif manusia dan interpretasi-intrepretasi dunia. Yaitu dengan cara mengamati perilaku, mendengar ucapan yang dianggap sebagai tafsiran tentang dunia yang sedang diteliti,untuk dilanjuti dan disampaikan teori deskriptif dengan hasil penelitian. Dalam proses pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan tiga temuan yaitu : 1) Perencanaan pendidikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran tahfizh di MIS Al-Quba Medan yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. 2) Pelaksanaan pendidikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran tahfizh di MIS Al-Quba Medan yaitu guru menanamkan, membimbing serta membiasakan nilai-nilai karakter seorang muslim, seperti membaca doa sebelum pembelajaran dimulai. Bersahabat, dengan mengulang hafalan bersama siswa.Menciptakan sikap toleransi seperti membagi siswa kedalam beberapa kelompok untuk menghafal.Tanggung jawab, satu persatu siswa dipanggil kedepan untuk menyetorkan hafalannya. Kreatif, dengan menugaskan bagi siswa yang telah selesai menyetor hafalan untuk menuliskan hafalannya tadi kedalam buku tulis beserta terjemahannya minimal 3 ayat dan Memberi memotivasi pada siswa.3) Faktor pendukung pendidikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran tahfizh di MIS Al-Quba Medan yaitu faktor usia, faktor kecerdasan, faktor lingkungan, faktor motivasi, faktor teman, karena hal itu merupakan faktor pendukung yang bisa memberikan nilai positif terhadap pembentukan nilai-nilai karakter siswa. Sedangkan penghambatnya adalah padatnya jadwal, waktu yang kurang maksimal, tingginya kemalasan siswa, faktor fikiran, dan faktor kesehatan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 05 Dec 2017 02:22
Last Modified: 01 Jul 2019 08:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3034

Actions (login required)

View Item View Item