Integrasi pendidikan nilai dalam pembelajaran pendidikan agama islam di pondok pesantren darul hikmah tpi medan

Roida, Saibatul (2017) Integrasi pendidikan nilai dalam pembelajaran pendidikan agama islam di pondok pesantren darul hikmah tpi medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf - Submitted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model integrasi pendidikan nilai dalam pembelajaran pendidikan agama islam di MTs Pondok Pesantren Modrend Darul Hikmah Taman Pendidikan Islam (PPMDH TPI) Medan dan apasaja faktor pendukung dan penghambat integrasi pendidikan nilai dalam pembelajaran pendidikan agama islam di MTs PPMDH TPI Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang mengambil latar MTs PPMDH TPI Medan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) model integrasi pendidikan nilai dalam pembelajaran pendidikan agama islam di MTs PPMDH TPI Medan adalah model diadik yang menganggap sains dan agama adalah sebuah kesatuan yag tidak bisa dipisahkan. Implementasi konsep integrasi pendidikan nilai dapat dilihat melalui empat tataran. Yaitu tataran konseptual, tataran institusional, tataran operasional, dan tataran arsitektural. (2) faktor pendukungnya adalah adanya tata tertib yang dijalankan dengan baik, adanya kepedulian pendidik untuk memberikan bimbingan dan arahan, adanya reward dan punishment, dan adanya sarana dan prasarana yang mendukung. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya kreatifitas guru dan adanya latar belakang budaya siswa yang berbeda.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 05 Dec 2017 02:21
Last Modified: 02 Jul 2019 02:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/3021

Actions (login required)

View Item View Item