Julia, Neneg (2013) Analisis perilaku konsumen dari produk tabungan serta pengaruhnya terhadap keputusan nasabah menabung di PT. Bank Sumut Syariah kantor cabang pembantu syariah (KCPS) Djamin Ginting Medan. Masters thesis, Pascasarjana UIN-SU.
|
Text
tesis NENENG.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara karakteristik konsumen yang terdiri dari pekerjaan, gaya hidup dan keadaan ekonomi dan karakteristik produk yang meliputi bagi hasil, fasilitas dan pelayanan terhadap keputusan nasabah menabung di Bank Sumut Syariah Cabang Pembantu Djamin Ginting Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah yang menabungan Bank Sumut Syariah Cabang Pembantu Djamin Ginting Medan yang berjumlah 2.856 nasabah sampai dengan tahun 2012. Sampel penelitian ini ditetapkan dengan rumus solvin berjumlah 44 responden. Alat pengumpulan data menggunakan kuisioner berbentuk skala likert. Angket disusun berdasarkan indikator-indikator variabel dan diperiksakan ke pembimbing Tesis. Setelah diperiksa, hasil angket akan di olah dengan menggunakan program SPSS for windows versi 15,0. Instrumen variabel karakterisitk konsumen (X 1 ) terdiri dari 4 item yang selurunya valid. variabel karakterisitk produk (X 2 ) terdiri dari 5 item yang selurunya valid dan variabel Keputusan berinvestasi (Y) terdiri dari 4 item yang selurunya valid. Data penelitian ini dianalisis dengan teknik analisis regresi linier berganda. Sebelum dianalisis, dilakukan uji persyaratan analisis yaitu: pertama, uji normalitas dengan hasil seluruh data variabel berdasarkan uji Kolmogrof Semirnov data berdistribusi normal. Kedua, uji asumsi klasik heterokedastisitas dengan hasil diagram pancar residual tidak membentuk pola tertentu. Kesimpulannya adalah data terbebas dari kasus heterokedastisitas. Ketiga, uji asumsi klasik multikolinieritas dengan hasil substruktur pada penelitian ini memiliki VIF < 10 sehingga dapat disimpulkan data terbebas dari multikolinieritas (saling hubungan antara variabel independen). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 62,6% yang berarti sebesar 62,6% karakter konsumen dan karakter produk mempengaruhi keputusana nasabah menabung sedangkan sisanya sebesar 37,4% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Secara statsitik menunjukkan bahwa F hitung > F tabel (34,293 > 2,84), Hal ini bermakna bahwa terdapat pengaruh pada karakteristik konsumen dan karakteristik produk terhadap keputusan nasabah untuk menabung di PT. Bank Sumut Syariah Capem Djamin Ginting Medan sehingga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima.
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Subjects: | 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank |
Pengguna yang mendeposit: | Mr. Imran Benawi |
Date Deposited: | 16 Nov 2017 07:12 |
Last Modified: | 16 Nov 2017 07:12 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/2945 |
Actions (login required)
View Item |