Implementasi manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan pada madrasah tsanawiyah negeri (MTSN) Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu

Halim, Abdul (2011) Implementasi manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan pada madrasah tsanawiyah negeri (MTSN) Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu. Masters thesis, Pascasarjana UIN-SU.

[img]
Preview
Text
Tesis Abd. Halim.pdf

Download (855kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan pada Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumen. Data yang didapat kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif yang terdiri dari: (a).reduksi data, (b).penyajian data, dan (c) penarikan kesimpulan. Temuan penelitian: (1) perencanaan manajemen sarana dan prasarana di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu terlebih dahulu dilakukan analisis kebutuhan riil baik yang menyangkut kebutuhan administrasi maupun pendukung kegiatan proses pembelajaran, seperti ruang kelas, moubilair, dan lain sebagainya. Yang melibatkan: Kepala Madrasah, KTU, bendahara, PKM, dan bahkan utusan dari komite sekolah. (2).Pengorganisasian manajemen sarana dan prasarana pada Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu dilakukan berdasarkan rumpun (kelompok) dari setiap jenis sarana itu sendiri, misalnya: bangunan fisik, moubilair, ATK, lingkungan, dan lain sebagainya yang kesemuanya itu di arsiparis berdasarkan ketentuan yang berlaku. (3) Pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu berjalan baik dan lancar. Pelaksanaannya masing-masing pihak bekerja sesuai job/pekerjaan masing-masing dan sesuai kepentingannya, sehingga sistem kerja tidak ada tumpang tindih antara satu sama lain. Dan pertanggung jawabannya langsung kepada Kepala madrasah MTsN Rantauprapat walaupun tetap di bawah koordinasi PKM sarana dan prasarana. (4).Pengawasan manajemen sarana dan prasarana pada Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu dilakukan dengan cara: a) Pengawasan rutin setiap harinya yang dilakukan oleh PKM sarana jika menyangkut persoalan sarana pendukung pembelajaran, sedangkan yang menyangkut administrasi dilakukan oleh KTU. b) Secara berkala yakni setiap 6 (enam) bulan sekali diadakan rapat evaluasi tentang keadaan sarana dan prasarana. (5) Terkait dengan evaluasi diketahui bahwa sarana dan prasarana di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu sudah terpenuhi dan sesuai dengan standar pendidikan nasional. 6

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 08 Nov 2017 08:42
Last Modified: 08 Nov 2017 08:42
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/2900

Actions (login required)

View Item View Item