Penyusunan Materi Ajar dalam Rangka Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab pada Siswa

Ulhaq, Nadia and Lubis, Lahmuddin (2023) Penyusunan Materi Ajar dalam Rangka Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab pada Siswa. Journal of Education Research, 4 (3). pp. 1202-1211. ISSN 2746-0738

[img] Text
artikel_jurnal_nadia_ulhaq.pdf

Download (543kB)

Abstract

Materi ajar merupakan aspek penting dari suatu kurikulum, sehingga penyusunan yang baik mampu mencapai tujuan pembelajaran. Pada masa ini, sering ditemui pendidik menggunakan materi ajar yang beredar dipasaran. Kecenderungan pendidik seperti ini dapat membunuh kreativitas dalam mengembangkan materi dan tidak terasahnya keterampilan siswa, karena ketergantungan pada bahan ajar yang sudah jadi tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca (khususnya pendidik) mengenai pentingnya serta cara penyusunan bahan ajar yang sesuai dengan capaian pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selain itu penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyusunan materi ajar yang dilakukan oleh pendidik mampu meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab, Keterampilan Berbicara, Materi Ajar
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.35 Kurikulum
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Habiba Nur Maulida
Date Deposited: 21 Sep 2023 02:39
Last Modified: 21 Sep 2023 02:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/2884

Actions (login required)

View Item View Item