Pelaksanaan manajemen kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di Madrasah Tsanawiyah Negeri Balige Kabupaten Toba Samosir.

Sihite, Sontayati (2013) Pelaksanaan manajemen kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di Madrasah Tsanawiyah Negeri Balige Kabupaten Toba Samosir. Masters thesis, Pascasarjana UIN-SU.

[img]
Preview
Text
Tesis Sontayati Sihite.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan pengevaluasian Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Madrasah Tsanawiyah Negeri Balige Kabupaten Toba Samosir. Secara metodologi penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan mencari, menganalisis dan membuat interpretasi data yang dapat ditemukan melalui studi dokumen, wawancara dan pengamatan.Data yang telah dikumpulkan diperiksa keabsahaannya melalui standar keabsahan data berupa keterpercayaan, keteralihan, keterandalan dan konfirmatif.Teknik anlisis data yang dilakukan adalah dengan mereduksi, menyajikan dan membuat kesimpulan dari hasil penelitian. Temuan penelitian ini ada lima, yaitu: 1. Perencanaan kurikulum, Madrasah Tsanawiyah Negeri Balige Kabupaten Toba Samosir telah merencanakan kurikulum dengan mengacu pada konsep kurikulum madrasah dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Kurikulum Madrasah Tsanawiyah Negeri Balige Kabupaten Toba Samosir dan muatan-muatan tambahannya dirincikan kembali oleh guru yang bersangkutan dalam rangka peningkatan kualitas dan kuantitas dalam bentuk program satuan pelajaran terdiri dari Program Tahunan (Prota), Program Semester (Prosem), Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk disampaikan kepada siswa. 2. Pengorganisasian Madrasah Tsanawiyah Negeri Balige Kabupaten Toba Samosir membuat pembagian tugas guru dan pegawai serta jadwal kegiatan-kegiatan pendukung proses belajar mengajar yang disesuaikan dengan hari-hari efektif belajar. Madrasah Tsanawiyah Negeri Balige Kabupaten Toba Samosir juga menempatkan guru-guru yang sesuai dengan latar keilmuan dan kompetensinya. 3. Pada proses aktualisasi/pelaksanaan Madrasah Tsanawiyah Negeri Balige Kabupaten Toba Samosir dengan melaksanakan kegiatan pembelajaran dan muatan-muatan tambahannya dengan memberdayakan para guru, pegawai, dan serana yang dikemas sesuai kebutuhan dan potensi yang ada. Madrasa Tsanawiyah Negeri Balige Kabupaten Toba Samosir juga mengoptimalkan pelaksanaan pembelajaran denagan menampilkan contoh pengalaman nilai-nilai keislaman pada diri semua guru, pegawai, orang tua, bahkan orang lain yang ada disekitar madrasah. 4. Pada proses pengawasan Madrasah Tsanawiyah Negeri Balige Kabupaten Toba Samosir telah memiliki beberapa orang yang bertugas mengawasi proses pembelajaran baik yang berhubungan langsung dengan siswa maupun hal lain yang berhubungan dengan pembelajaran. Kepala madrasah, wakil kepala madrasah dan ketua komite madrasah dalam melaksanakan tugas pengawasan sesuai fungsinya masing-masing ditambah dengan memperdayaan guru-guru dan orang tua untuk menyempurnakan pengawasan terhadap seluruh dari bagian proses pembelajaran di madrasah dan ditempat tinggal masing-masing. Madrasah Tsanawiyah Negeri Balige Kabupaten Toba Samosir juga telah mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dengan mencari solusi-solusi yang mungkin dilakukan tanpa menambah masalah dan memperbesar resiko kegagalan 5. Pelaksanaan Evaluasi Kurikulum dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas di Madrasah Tsanawiyah Negeri Balige Kabupaten Toba Samosir dilakukan oleh kepala madrasah terhadap seluruh kelas apakah terjadi pembelajaran. Kemudian mengawasi pihak-pihak yang terkait dengan pembelajaran untuk melihat para guru dalam memberikan pelayanan kebutuhan pembelajaran. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran dilakukan setiap bulan berupa ulangan harian dan evaluasi akhir semester untuk melihat sejauh mana ketercapaian peserta didik baik aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik. Evaluasi juga dilakukan pada kegiatan pendukung (ekstra kurikuler).

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 03 Nov 2017 09:05
Last Modified: 03 Nov 2017 09:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/2862

Actions (login required)

View Item View Item