Upaya Guru dalam Mengembangkan Bahasa Arab Santri Tahfidzul Qur’an Generasi Rabbani

Ritonga, Leni Maysarah and Jamil, Khoirul (2023) Upaya Guru dalam Mengembangkan Bahasa Arab Santri Tahfidzul Qur’an Generasi Rabbani. Journal of Education Research, 4 (3). pp. 901-910. ISSN 2746-0738

[img] Text
19.+Jurnal_Leni+Maysarah+Ritonga+901-910.pdf

Download (705kB)

Abstract

Untuk mewujudkan tujuan dari Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 Bab 1 pasal 1 ayat 1 yaitu agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Pada penelitian ini ditemukanlah upaya-upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengembangkan bahasa arab santri Tahfidzul Qur’an generasi Rabbani. Adapun Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Dengan metode ini peneliti dapat memahami dan menganalisis upaya yang dilakukan oleh guru bahasa arab, dengan teknik wawancara, observasi partisipatif dan analisis dokumen untuk pengumpulan data yang relevan. Berdasarkan hasil Observasi penulis di lapangan dimana teknik komunikasi informatif di terapkan dalam pembinaan tahfidz Al-Qur‟an terhadap santri Tahfidz Generasi Rabbani Medan, sebelum dimulai kegiatan tahfidz semua pembina melakukan musyawarah untuk membahas bagaimana cara membina santri dalam melakukan kegiatan menghafal dari usia dini. Kemudian upaya yang berhasil diterapkan guru bahasa arab adalah teknik komunikasi dalam pembinaan tahfidz Alquran yang dapat diterapkan yaitu dengan menerapkan komunikasi informatif, komunikasi persuasif, komunikasi instruktif / Koersif, dan hubungan manusiawi.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Bahasa Arab, Tahfidz Al-qur'an
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Habiba Nur Maulida
Date Deposited: 21 Sep 2023 02:05
Last Modified: 21 Sep 2023 02:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/2798

Actions (login required)

View Item View Item