Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ips materi peranan sumpah pemuda indonesia melalui model pembelajaran kooperatife tipe make a match pada siswa kelas v mis hikmatul salridho batang kuis tahun ajaran 2016/2017

Sitepu, Windy Ayan Kasih (2017) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ips materi peranan sumpah pemuda indonesia melalui model pembelajaran kooperatife tipe make a match pada siswa kelas v mis hikmatul salridho batang kuis tahun ajaran 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
windy ayan kasih sitepu, 36133139.pdf - Submitted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dalam mengajarkan mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada materi peran sumpah pemuda indonesia. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah a) rendahnya hasil belajar IPS siswa pada materi peranan sumpah pemuda indonesia, b) penerapan model pelajaran kurang tepat. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIS Hikmatul Salridho Batang Kuis Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumalah 32 orang siswa. Desain dalam Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) ini adalah Model Kemmis dan Mc Taggart dengan dua siklus setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari pemberian tindakan dengan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada siklus I dan siklus II diperoleh peningkatan ketuntasan belajar siswa pada test awal nilai rata-rata 33,78 denga ketuntasan 19%, pada Siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 67,81 dengan ketuntasan 66% dan pada Siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 80,31 dengan ketuntasan 88%. Berarti hasil yang diperoleh siswa pada Siklus II sudah mencapai tingkat ketuntasan secara klasikal. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match siswa termotivasi belajar karena siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian pembelajaran IPS dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIS Hikmatul Salridho Batang Kuis Tahun Ajaran 2016/2017.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Fauzi Ep
Date Deposited: 31 Oct 2017 08:18
Last Modified: 19 Jul 2019 03:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/2794

Actions (login required)

View Item View Item