Strategi komunikasi kelompok dalam memotivasi belajar Siswa SMP Shafiyyatul Amaliyyah Medan”.

Lestari, Indah (2013) Strategi komunikasi kelompok dalam memotivasi belajar Siswa SMP Shafiyyatul Amaliyyah Medan”. Masters thesis, Pascasarjana UIN-SU.

[img]
Preview
Text
tesis Indah Lestari.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi kelompok dalam memotivasi belajar siswa SMP Shafiyyatul Amaliyyah Medan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Onong Uchjana Effendi (1984) yang di dalamnya terdapat pengertian strategi komunikasi yang merupakan panduan dari perencanaan komunikasi (communication planning) dan manajemen (communications management) untuk mencapai suatu tujuan. Untuk mencapai tujuan tersebut strategi komunikasi harus dapat menunjukkan bagaimana operasionalnya secara taktis harus dilakukan. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis yang memberikan data seteliti mungkin kemudian menganalisanya dalam bentuk uraian kata-kata tertulis. Penelitian ini termasuk dalam kategori kualitatif yaitu, dengan lokasi penelitian dilakukan di Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah Medan Jl. Setia Budi No.191 Medan. sumber data pada penelitian diperoleh melalui kajian literatur bahan pustaka. Kemudian sumber data yang berasal dari hasil wawancara mendalam dengan informan yaitu siswa-siswi SMP kelas VIII-C, Kepala Sekolah SMP Shafiyyatul Amaliyyah, kemudian ditambahkan beberapa Guru SMP Shafiyyatul Amaliyyah. Hasil penelitian ini menggambarkan tentang strategi yang digunakan dalam komunikasi kelompok dengan menggunakan pendekatan active learning melalui metode problem solving dengan harapan agar para siswa dapat belajar aktif dengan cara memecahkan masalah dalam pelajarannya sedangkan peneliti hanya sebagai instruktur untuk memecahkan masalah sehingga tercipta kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia serta keterampilan untuk hidup mandiri. Perencanaan Komunikasi yang dilakukan Guru SMP Shafiyyatul Amaliyyah yaitu dengan komunikasi tatap muka (face to face communication), dipergunakan apabila mengharapkan efek perubahan tingkah laku (behavior change) dari komunikan, karena sifatnya lebih persuasif dan menggunakan komunikasi bermedia (mediated communication), dipergunakan lebih banyak untuk komunikasi informatif dengan menjangkau lebih banyak komunikan tetapi sangat lemah dalam hal persuasif. Pelaksanaan komunikasi kelompok yang dilakukan Guru SMP Shafiyyatul Amaliyyah adalah Dalam hal ini guru menggunakan metode investigasi Kelompok (Group Investigation), dimana metode ini melibatkan siswa sejak perencanaan, baik dalam menentukan topik maupun cara untuk mempelajarinya melalui investigasi.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 18 Oct 2017 02:44
Last Modified: 18 Oct 2017 03:01
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/2685

Actions (login required)

View Item View Item