Penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah (spbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada pelajaran fikih tentang hukum waris di kelas XI-1 MAS Pondok Pesantren al-kautsar al-akbar medan

Lubis, Rahma Rifai (2014) Penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah (spbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada pelajaran fikih tentang hukum waris di kelas XI-1 MAS Pondok Pesantren al-kautsar al-akbar medan. Masters thesis, Pascasarjana UIN-SU.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada pelajaran fikih materi hukum waris. Lokasi penelitian adalah MAS. Pondok Pesantren Al-Kautsar Al-Akbar Medan. Sedangkan subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI-A yang terdiri dari 30 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan model penelitian tindakan kelas (PTK). Tindakan dilakukan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen tes, lembar observasi, dokumentasi, wawancara, angket. Data yang telah didapat kemudian dianalisis secara deskriptif dengan langkah-langkah: Mereduksi data, menyajikan data serta menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dari siklus I, II dan III, yaitu dari skor rata-rata 68,83 meningkat menjadi 77,4 meningkat lagi menjadi 82,67 (40% Meningkat menjadi 66,67% dan meningkat lagi menjadi 83,33%). Sedangkan hasil belajar siswa pada materi hukum waris juga mengalami peningkatan secara bertahap dari tindakan Siklus I, II, III. Yaitu dari skor rata-rata 67,67 meningkat menjadi 76,5 dan meningkat lagi menjadi 82,67 (40% meningkat menjadi 63,33% dan meningkat lagi menjadi 83%). Dan hasil ini sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu untuk kemampuan berpikir kritis skor kemampuannya adalah 80 begitu juga untuk kriteria ketuntasan belajar 80. Selain itu respon siswa kelas XI-A MAS. Al-Kautsar Al-Akbar Medan pada penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah ini sangat diminati oleh siswa, sehingga dengan pembelajaran ini dapat memudahkan siswa dalam mempelajari materi hukum waris. Dan memperdalam pemahaman siswa tentang permasalahan hukum waris di masyarakat.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 10 Oct 2017 03:24
Last Modified: 10 Oct 2017 03:24
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/2561

Actions (login required)

View Item View Item