Mengatasi Kesulitan Membaca pada Siswa Kelas III dengan Menggunakan Media Scramble

Kartika, Dini Aprilia (2024) Mengatasi Kesulitan Membaca pada Siswa Kelas III dengan Menggunakan Media Scramble. INDONESIAN JOURNAL OF INSTRUCTION. ISSN 2745-8628

[img] Text
2_+IJI+VOL_+5+NO_+2+-+Dini+Aprilia+Kartika+127-135.pdf

Download (250kB)

Abstract

Media scramble merupakan media inovatif yang memberikan kesempatan pada siswa untuk berlatih dan bereaksi dalam menyusun kata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media scramble pada pembelajaran Bahasa Indonesia dalam mengatasi kesulitan membaca pada anak didik kelas III. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pre eksperiment dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 23 siswa, yang terdiri dari 12 laki-laki dan 11 perempuan. Sampel penelitian ini berasal dari populasi yang kurang dari lima puluh orang. Data dikumpulkan melalui metode tes. Instrumen yang digunakan merupakan penekanan latihan 5 soal berupa permainan yang dikerjakan secara random. Dengan analisis menggunakan aplikasi SPSS dengan menggunakan analisis statistik deskriptif disertai dengan pengujian normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa nilai tertinggi pada postest adalah 90, dan sedangkan nilai terendah 60 dan dengan rata-rata pada postest adalah 78, 09 yaitu diatas KBM. Sedangkan nilai signifikansi pada uji t terhadap pretest dan postest adalah 0,000. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media scramble berpengaruh dalam mengatasi kesulitan membaca pada siswa kelas III.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 000 Generalities > 020 Library and information sciences > 028 Reading, use of other information media
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 12 Feb 2025 05:02
Last Modified: 12 Feb 2025 05:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25402

Actions (login required)

View Item View Item